Minggu, 21 Oktober 2018 20:36 WITA

Bahaya Makan Malam di Depan TV, Ini Alasannya

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Bahaya Makan Malam di Depan TV, Ini Alasannya

RAKYATKU.COM - Sebagian besar masyarakat Indonesia memilih untuk makan malam di depan televisi. Memang, dalam realitanya acara televisi yang ada di waktu makan malam cenderung lebih berkualitas sehingga mengasyikkan untuk ditonton. Sayangnya, menurut pakar kesehatan, kebiasaan ini ternyata tidak baik bagi kondisi tubuh kita.

Pakar kesehatan dari NDTV Food menyebut kebiasaan mengonsumsi makan malam di depan TV akan membuat kita cenderung menyantap jenis makanan yang tidak sehat. Selain itu, interaksi antar anggota keluarga juga berkurang akibat masing-masing orang yang lebih memilih untuk menikmati acara televisi.

“Dengan makan malam sambil menonton televisi, interaksi antar anggota keluarga semakin menurun. Orang tua tidak lagi peduli dengan apa saja yang dimakan anaknya. Hal ini tentu akan membuat kita mengonsumsi makanan yang tidak sehat,” ungkap salah satu peneliti yang berasal dari University of Minnesota, Minneapolis, Amerika Serikat, Amanda Trofholz.

Dilansir laman Doktersehat, saat menonton televisi, kita juga cenderung tidak benar-benar mempersiapkan makanan dengan baik. Alhasil, kita cenderung lebih memilih untuk mengonsumsi makanan yang mudah dan praktis dibuat.

Sayangnya, makanan-makanan ini cenderung tidak sehat seperti makanan instan, makanan olahan, atau makanan yang diproses. Jika terlalu sering dikonsumsi, makanan-makanan ini bisa menyebabkan datangnya penyakit berbahaya seperti sindrom metabolik, diabetes, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan penyakit berbahaya lainnya.

Loading...

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan pada 2012-2013 silam, disebutkan bahwa makan malam sambil menonton televisi mampu meningkatkan risiko diabetes. Fakta ini terungkap setelah para peneliti mengecek kebiasaan 120 keluarga yang memiliki anak berusia 6-12 tahun saat makan malam.

Dihasilkan fakta bahwa keluarga yang makan malam sambil menyalakan televisi cenderung lebih sering mengonsumsi makanan cepat saji dibandingkan dengan keluarga yang tidak menyalkan TV saat makan malam.

Anak-anak dari keluarga yang makan malam sambil menyalakan televisi cenderung lebih rentan terkena obesitas. Mereka juga akan lebih berisiko mengembangkan masalah kesehatan yang serius seperti diabetes di kemudian hari. Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita tidak makan malam sambil menyalakan acara televisi.

Loading...
Loading...