Sabtu, 20 Oktober 2018 08:25 WITA

Ini Manfaat Berdiri bagi Kesehatan Anda

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Ini Manfaat Berdiri bagi Kesehatan Anda
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Tak sedikit dari Anda yang kerap merasa malas untuk sekadar berdiri dan beranjak dari kursi duduk. Padahal di momen-momen tertentu, berdiri sejenak mampu memberikan dampak positif untuk kesehatan.

Patut diingat bahwa duduk terlalu lama duduk dapat memberikan dampak yang buruk bagi tubuh Anda. Hal tersebut dijelaskan oleh dr. Alvin Nursalim dari KlikDokter, di mana duduk terlalu lama dapat menimbulkan rasa nyeri di titik-titik tertentu.

“Terlalu lama duduk dapat memicu nyeri pada punggung bawah, yang dapat menjalar ke kaki kiri atau kanan. Nyeri juga bisa terasa saat perubahan posisi,” kata Alvin.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Preventive Medicine mengungkap, seseorang khususnya pekerja yang duduk lebih dari 11 jam setiap hari berisiko lebih besar terkena penyakit kardiovaskular, salah satunya penyakit jantung.

Hal itu terjadi karena duduk terlalu lama identik dengan kurangnya aktivitas fisik. Akibatnya lemak tertimbun secara berlebihan dan menimbulkan risiko penyakit metabolik, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tidak terkontrol, dan diabetes.

Lama berdiri bikin sehat

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam European Heart Journal menunjukkan bahwa berdiri lebih banyak dapat menurunkan kolesterol, gula darah dan kadar lemak dalam darah Anda.

Studi tersebut melibatkan hampir 800 orang yang mengenakan monitor aktivitas untuk melacak berapa lama mereka tidur, duduk, berdiri, berjalan dan berlari selama tujuh hari.

Peneliti tersebut menemukan bahwa berdiri sebanyak dua jam sehari mampu menurunkan kadar gula darah hingga 2 persen dan lemak darah sebesar 14 persen. Jumlah kolesterol baik (HDL) dalam aliran darah yang bermanfaat untuk kesehatan jantung pun akan meningkat

Loading...

Selain itu, berdiri setidaknya 2 jam sehari juga ampuh menurunkan BMI sebesar 11 persen dan mengurangi ukuran lingkar pinggang.

Studi ini selangkah lebih maju karena dapat melihat apa yang akan terjadi saat seseorang berjalan, berlari, atau melakukan berbagai aktivitas saat berada dalam posisi berdiri.

Tentu Anda telah mengetahui bahwa berjalan memberikan manfaat kesehatan secara keseluruhan. Tetapi yang membuat penelitian ini sangat menarik adalah penekanannya pada manfaat berdiri. Meski membutuhkan energi yang jauh lebih sedikit daripada pergi untuk lari dalam jarak dekat, berdiri juga memiliki manfaat yang luar biasa

Centers for Disease and Control Prevention (CDC) merekomendasikan orang dewasa setidaknya menempuh 150 menit aktivitas aerobik yang cukup intens setiap minggu, seperti berjalan kaki.

Tetapi penelitian baru ini menunjukkan bahwa berdiri dapat menjadi bentuk latihan yang juga bisa ditambahkan pada kombinasi aktivitas fisik sehari-hari.

Penelitian lain menilai bahwa berdiri lama akan melatih otot-otot di perut, pantat dan kaki yang diperlukan untuk membuat tubuh tetap tegak pada waktu yang lama. Selain dapat menurunkan kolesterol, kebiasaan ini konon mampu menurunkan diabetes dan penyakit jantung.

Dengan begitu banyak manfaat kesehatan yang bisa Anda peroleh hanya dengan berdiri, mulai sekarang biasakanlah berdiri di sela-sela duduk. Bila Anda harus duduk selama 30 menit, setidaknya berdirilah selama 10 menit untuk sedikit bergerak agar tubuh tidak kaku. Selamat mencoba!

Loading...
Loading...