Sabtu, 20 Oktober 2018 06:00 WITA

Ini 8 Daftar Penyakit Paling Menguras Keuangan

Editor: Nur Hidayat Said
Ini 8 Daftar Penyakit Paling Menguras Keuangan

RAKYATKU.COM - Dinyatakan mengalami suatu penyakit yang serius oleh dokter tentu bisa membuat Anda stres. Parahnya lagi, rasa stres tersebut bisa makin menjadi setelah datang tagihan medis yang luar biasa mahal. Ya, beberapa penyakit membutuhkan biaya pengobatan yang tidak murah.

Terkait hal tersebut, sebuah studi pada 2014 yang diterbitkan di Maine Law Review mengungkap bahwa di Amerika Serikat, "utang" medis dapat menyebabkan 18–26 persen kebangkrutan pada seseorang. 

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengatakan penyakit dengan beban keuangan besar adalah yang bersifat kronis atau yang membutuhkan tindakan operasi.

Secara garis besar, inilah beberapa gangguan kesehatan yang bisa menguras kantong Anda:

1. Gangguan pembuluh darah
Gangguan pembuluh darah yang dimaksud meliputi penyakit jantung, serangan jantung, stroke, dan tekanan darah tinggi. Penyakit-penyakit tersebut berada di daftar teratas untuk urusan yang menguras keuangan. CDC bahkan mengatakan, orang-orang di Amerika Serikat menghabiskan rata-rata 316,1 miliar dolar Amerika (Rp4.000 triliun) per tahun untuk biaya pengobatan penyakit pembuluh darah.

2. Kanker
Kanker adalah penyakit kronis yang menguras kantong penderitanya. Ini karena kanker membutuhkan perawatan yang panjang dan dengan alat-alat yang canggih. Jadi sudah bisa Anda bayangkan betapa mahalnya, bukan?

Berdasarkan TrueCostOfHealthcare.org, salah satu jenis kanker yang paling mahal pengobatannya adalah leukemia atau lebih dikenal dengan sebutan kanker darah.

3. Penyakit ginjal
Ketika fungsi ginjal telah hilang 90 persen, maka orang yang bersangkutan harus cuci darah agar bisa tetap menatap hari esok. Pengobatan yang biasa disebut hemodialisis itu melibatkan penggunaan ginjal buatan untuk membuang kotoran dari tubuh.

Biasanya, prosedur cuci darah membutuhkan waktu sekitar empat jam dan perlu dilakukan tiga kali seminggu. Untuk biaya, di Indonesia sendiri kisarannya Rp 1–2 juta untuk sekali cuci darah.

Loading...

4. Diabetes tipe 2
Menurut CDC, sekitar 245 miliar dolar Amerika (Rp 3.700 triliun) dihabiskan di Amerika Serikat setiap tahun akibat diabetes tipe 2. Pada tingkat individu, biaya perawatan diabetes kira-kira 13.500 dolar Amerika (Rp 205 juta) setahun. Biaya yang cukup banyak, bukan?

5. Lupus
Lupus, penyakit autoimun yang terutama menyerang wanita, bisa menguras kantong karena membutuhkan biaya perawatan yang tidak murah. Ini karena penderita lupus perlu bolak-balik rumah sakit agar perjalanan penyakit bisa dihambat dan kondisinya terus terpantau.

6. Artritis
Artritis adalah penyakit yang menyerang sendi. Penyakit ini mahal karena seseorang yang mengalaminya biasanya harus dioperasi.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada 2014, bedah penggantian sendi akibat artiritis meningkat sampai tiga kali lipat. Sebagian hal tersebut terjadi akibat tingkat obesitas yang meningkat. Dua hal itulah yang membuat penderita artritis akan kehilangan banyak uang.

7. Demensia
Banyak biaya yang berkaitan dengan pengobatan demensia. Hal itu karena penderita penyakit ini perlu melakukan perawatan jangka panjang.

8. Obesitas
Obesitas dapat menyebabkan berbagai penyakit yang lebih bahaya lagi, seperti diabetes, hipertensi, atau gangguan pembuluh darah. Tak heran, mereka yang kelebihan berat badan membutuhkan biaya yang lebih mahal agar dapat tetap “bernapas”.

Itulah beberapa penyakit yang bisa menguras keuangan Anda. Jika tak ingin mengalami kerugian materi dan fisik, pastikan Anda menerapkan gaya hidup sehat mulai saat ini. Caranya, konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang setiap hari, berolahraga secara rutin dan teratur, hindari rokok dan konsumsi alkohol, cukup istirahat, serta kelola stres dengan baik.

Sumber: KlikDokter.com

Loading...
Loading...