Kamis, 18 Oktober 2018 19:41 WITA

4 Manfaat Cuaca Dingin untuk Kesehatan

Editor: Suriawati
4 Manfaat Cuaca Dingin untuk Kesehatan
INT

RAKYATKU.COM - Saat cuaca dingin, banyak orang yang lebih memilih meringkuk di bawah selimut dan cenderung malas melakukan apa-apa.

Tapi mari kita lihat sisi baiknya! Tahukah Anda bahwa cuaca dingin memiliki banyak dampak positif untuk kesehatan?

Berikut manfaat cuaca dingin untuk kesehatan

1. Terhindar dari nyamuk
Nyamuk dapat mengirimkan berbagai jenis penyakit, termasuk Zika, West Nile, dan demam berdarah.

Ada dua jenis nyamuk yang menyebarkan penyakit, yaitu Culex dan Aedes aegypti, dan kedua nyamuk ini berhibernasi dalam cuaca dingin. Jadi kemungkinan untuk terkena penyakit melalui gigitan nyamuk sangat minim.

2. Membakar lemak
Tubuh kita dipenuhi dengan dua jenis lemak, yaitu lemak putih dan lemak coklat. Sementara lemak putih adalah cadangan energi terbesar dalam tubuh, lemak coklat membakar kalori untuk menghasilkan panas.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Clinical Investigation memeriksa metabolisme enam pria sehat setelah mengekspos mereka ke dingin.

Setelah percobaan mereka menemukan bahwa lemak coklat mereka membakar lemak putih, dan bahwa metabolisme meningkat sebesar 80 persen.

3. Meningkatkan kualitas tidur
Suhu tubuh manusia naik dan turun selama 24 jam. Biasanya paling tinggi pada sore hari dan terendah pada fajar. Saat tubuh Anda bersiap untuk tidur dan mengantuk, tubuh kehilangan panas.

Jadi salah satu cara untuk tidur nyenyak adalah dengan menurunkan suhu ruangan.

4. Bagus untuk kulit
Cuaca dingin dapat bertindak sebagai astringen, mengencangkan pori-pori, mengurangi kemungkinan tersumbat dan membuat Anda tidak mudah berjerawat.

Ini juga memperlambat dan mencegah sekresi sebum (minyak alami kulit yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous), dan menghindarkan kulit dari jerawat.