Rabu, 17 Oktober 2018 06:00 WITA

Ini Bahayanya Bagi Penderita Asam Urat Jika Merokok

Editor: Fathul Khair Akmal
Ini Bahayanya Bagi Penderita Asam Urat Jika Merokok

RAKYATKU.COM - Bagi orang yang sudah terlanjur kecanduan dengan rokok, masalah kesehatan apapun yang dialaminya seperti tidak akan membuatnya kapok untuk terus mengisapnya. Hal yang sama juga berlaku pada penderita asam urat. Menurut pakar kesehatan, efek merokok bagi penderita asam urat sangatlah berbahaya dan memperparah kondisinya.

Di dalam asap rokok terdapat banyak sekali kandungan bahan kimia beracun yang bisa membahayakan kesehatan. Sebagai contoh, jika kita memiliki hobi merokok, maka berbagai bahan kimia beracun ini akan memasuki peredaran darah dan akhirnya menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah. Hal ini juga akan membuat risiko mengalami penyempitan pembuluh darah meningkat, seperti dikutip dari doktersehat.com.

Jika kita mengisap satu batang rokok, maka kita pun akan mengalami penyempitan pembuluh darah arteri selama satu jam. Hal ini bisa berimbas pada menurunnya aliran darah hingga 50 persen. Kondisi ini tentu akan mengganggu distribusi oksigen dan berbagai macam nutrisi yang tentu berimbas buruk bagi organ-organ tubuh.

Dampak lain yang bisa didapatkan dari kebiasaan ini adalah semakin menumpuknya kandungan beracun yang bisa memperparah kondisi asam urat. Proses peluruhan asam urat secara alami juga akan terhambat sehingga kadar asam urat di dalam tubuh semakin meningkat dan menyebabkan datangnya serangan asam urat yang menyakitkan.

Efek merokok bagi penderita asam urat akan membuat tubuh semakin banyak terpapar radikal bebas. Hal ini bisa berimbas pada meningkatnya kadar kolesterol dalam darah. Sudah menjadi rahasia umum jika peningkatan kadar kolesterol darah bisa berimbas pada semakin memburuknya kondisi asam urat yang sedang diderita.

Selain itu, merokok juga akan membuat sistem kekebalan tubuh semakin lemah sehingga tak lagi mampu menangani serangan asam urat yang tentu akan membuat gejalanya menjadi semakin menyiksa.

Melihat adanya fakta ini, penderita asam urat memang sebaiknya mulai menghindari asap rokok. Jika memang sebelumnya adalah perokok aktif, mau tidak mau harus berhenti melakukan kebiasaan buruk ini demi mencegah datangnya serangan asam urat. Selain itu, pastikan untuk menjaga pola makan tetap sehat dan menghindari makanan yang kaya purin serta minuman beralkohol.