Minggu, 14 Oktober 2018 14:15 WITA

Bahaya Lampu Fluorescent untuk Kesehatan

Editor: Suriawati
Bahaya Lampu Fluorescent untuk Kesehatan
INT

RAKYATKU.COM - Lampu fluorescent (CFL) atau yang lebih dikenal dengan sebutan lampu TL (Tube Lamp) memiliki dampak buruk terhadap kesehatan.

Sebuah studi 2009 yang dilakukan oleh Universitas Trent Kanada menemukan bahwa radiasi UV dari lampu fluorescent dapat menyebabkan ketegangan mata, migrain dan pusing pada manusia.

Namun efeknya berkurang jika lampu fluorescent ditempatkan setidaknya 1 hingga 2 kaki jauhnya. (1 kaki : 30 cm).

Lampu CFL biasanya digunakan di kantor dan rumah. Ini memberikan sumber energi yang efisien, karena bertahan hingga sepuluh kali lebih lama daripada jenis lampu lainnya dan hanya menggunakan seperempat energi yang dibakar oleh lampu pijar.

Namun, bentuk pencahayaan ini dapat menyebabkan efek negatif pada kesehatan, terutama pada orang yang sensitif terhadap cahaya.

Berikut beberapa masalah kesehatan yang bisa ditimbulkan lampu fluorescent:

1. Masalah mata
Lampu fluorescent dapat menyebabkan masalah mata dan gejalanya adalah ketegangan mata, dan peradangan. Beberapa ahli medis juga berteori bahwa kerusakan retina, miopia atau astigmatisme juga bisa disebabkan oleh kecerahan lampu CFL.

Jika seseorang memiliki gangguan mata, lampu CFL membangkitkan sistem saraf pusat dan ini dapat menyebabkan stres visual dan ketidaknyamanan mata.

2. Sakit kepala dan migrain
Apakah lampu fluorescent membuat Anda sakit kepala? Jawabannya adalah ya, dan itu bahkan lebih mungkin terjadi jika Anda sudah memiliki gangguan sakit kepala seperti migrain atau sakit kepala klaster.

3. Mengacaukan pola tidur
Frekuensi cahaya dari CFL bisa mengganggu proses fisiologis di otak dan membatasi produksi melatonin, hormon yang mendorong kita untuk tidur. Cahaya biru yang dipancarkan dari CFL juga dapat mengganggu ritme sirkadian tubuh.