Sabtu, 13 Oktober 2018 10:32 WITA

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami dan Cepat

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Cara Memutihkan Gigi Secara Alami dan Cepat

RAKYATKU.COM - Cara memutihkan gigi bisa dilakukan secara mandiri atau pergi ke dokter gigi yang lebih terjamin keamanannya. Memang, memiliki gigi yang putih dan bersih tidak hanya menyehatkan, tetapi juga bisa menambah rasa percaya diri.

Seseorang yang mempunyai gigi putih pasti selalu menjaga kesehatannya dengan baik. Akan tetapi, mereka yang memiliki gigi kuning dan kotor akan menimbulkan kesan negatif di mata orang lain.

Oleh karena itu, agar citra Anda di mata orang lain selalu positif, maka salah satu faktor pendukungnya adalah memiliki gigi yang putih. Berikut ini adalah beberapa cara alami memutihkan gigi yang bisa Anda coba di rumah:

1. Stroberi

Meski ini terdengar aneh, tapi menyikat gigi dengan stroberi adalah salah satu cara memutihkan gigi alami yang bisa Anda coba. Zat asam yang terdapat di buah ini memiliki efek memutihkan. Cara menggunakannya, ambilah 1-2 buah stroberi, kemudian tumbuklah hingga lembut. Setelah itu, taruhlah stroberi itu di sikat gigi dan menyikat gigilah seperti biasa. Setelah selesai, pastikan membilas mulut dengan saksama.

2. Lemon dan baking soda

Lemon adalah buah yang memiliki asam sitrat tinggi. Buah ini dipercaya dapat menjadi bahan pemutih gigi secara alami. Selain itu, cara membuat gigi putih laininya yang bisa Anda coba adalah mencampurkan lemon dengan baking soda. Meski terdengar mengkhawatirkan, campuran keduanya dipercaya secara efektif dapat memutihkan gigi. Meski baking soda bersifat abrasif dan sangat basa, hal ini dipercaya dapat membantu menetralkan keasaman pada lemon.

3. Bubuk kunyit

Kunyit sering digunakan sebagai cara memutihkan gigi dengan cepat karena mengandung zat antiinflamasi, antimikroba, dan antioksidan. Semua kandungan itu membuat kunyit efektif untuk mengobati masalah gigi umum seperti penyakit gusi. Bubuk kunyit dipercaya dapat menghilangkan noda dan membuat gigi lebih putih dalam sekejap. Cara memutihkan gigi secara alami dengan enggosokkan sekitar satu sendok teh bubuk kunyit dengan menggunakan jari. Setelah itu bilas dan sikat gigi hingga bersih.

4. Kulit jeruk

Cara memutihkan gigi alami berikutnya dengan kulit jeruk, karena dipercaya dapat memutihkan gigi dengan cepat. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menggosokkan bagian dalam kulit jeruk pada seluruh bagian gigi, lalu diamkan beberapa saat. Setelah itu, gosok gigi secara perlahan untuk membersihkannya. Yang perlu Anda perhatikan jika menggunakan cara ini adalah mengenai sensitivitas mulut dan gigi Anda terhadap kulit jeruk.

5. Kulit pisang

Pisang adalah salah satu buah yang sangat mudah Anda temukan. Selain memiliki manfaat yang baik untuk pencernaan, kulitnya juga dapat digunakan sebagai cara memutihkan gigi secara alami. Caranya ambil selembar kulit pisang lalu gosokan pada seluruh bagian gigi. Diamkan selama beberapa saat agar kulit pisang bekerja memutihkan gigi secara alami. Setelah itu, gosok gigi secara perlahan sampai bersih. Lakukan tips memutihkan gigi ini setiap hari selama 1-2 minggu untuk mendapatkan gigi yang putih dan bersih.

6. Daun salam

Selain dapat digunakan untuk penyedap makanan, daun salam juga dapat digunakan sebagai bahan pemutih gigi alami. Cara menggunakannya pun sangat mudah, buatlah pasta yang terdiri dari daun salam, kulit jeruk yang sudah kering, dan sedikit air. Gosokan pasta tersebut ke seluruh bagian gigi Anda sampai merata. Setelah beberapa saat, gosok gigi secara perlahan untuk membersihkannya.

7. Minyak kelapa

Mengoleskan minyak kelapa pada gigi mungkin terdengar aneh, nyatanya hal ini terbukti bisa menjaga gigi Anda tetap putih. Asam laurat yang terdapat di dalam minyak kelapa mampu melawan bakteri yang ada di mulut yang menjadi penyebab kerusakan gigi, bau mulut dan penyakit gusi. Cara memutihkan gigi yang kuning ini biasa disebut oil pulling, di mana diharuskan menggosok gigi menggunakan minyak kelapa selama 15-20 menit.

8. Garam dan baking soda

Baking soda atau natrium bikarbonat dan garam adalah abrasif lembut yang menghilangkan noda pada lapisan luar gigi. Cara memutihkan gigi dengan garam dan baking soda sangat mudah. Buatlah pasta tipis dengan mencampur satu sendok teh soda kue dengan ½ sendok teh garam laut dan sedikit air dalam piring kecil, gunakan sikat gigi yang lembut untuk diterapkan pada gigi dan sikat perlahan selama 2 menit. Bilas dan sikat dengan pasta gigi biasa.

9. Kunyit

Serbuk kunyit adalah abrasif lembut yang dapat menghilangkan noda dan memutihkan gigi. Kunyit secara alami anti-inflamasi dan antimikroba yang membuatnya menjadi pilihan yang cocok memutihkan gigi secara alami.

Cara memutihkan gigi secara alami dengan kunyit adalah sebagai berikut. Buatlah pasta dengan mencampur satu sendok teh bubuk kunyit organik dan sedikit air dalam piring kecil, gunakan sikat gigi yang lembut untuk menerapkan pasta ke gigi dan sikat perlahan selama 2 menit. Hati-hati jangan sampai percikan kunyit menodai ke sekitar mulut dan pakaian Anda. Bilas dengan air lalu sikat dengan pasta gigi biasa.

10. Arang aktif

Karbon aktif atau arang aktif sebagai pemutih gigi alami dengan menyerap plak dan zat-zat pewarna pada gigi, yang membuat gigi Anda lebih bersih dan cerah. Caranya basahi sikat gigi dan taburi dengan serbuk arang dalam kemasan lalu sikatkan selama 2 menit. Hati-hati jangan sampai percikan menodai pakaian Anda! Bilas dengan air lalu sikat dengan pasta gigi biasa.