Sabtu, 13 Oktober 2018 05:30 WITA

Hindari Menggaruk Kepala saat Keramas, Tahu Kenapa?

Editor: Nur Hidayat Said
Hindari Menggaruk Kepala saat Keramas, Tahu Kenapa?
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Kepala merupakan organ tubuh yang paling penting bagi manusia. Selain itu, rambut juga merupakan salah satu hal yang penting bagi seseorang. 

Maka dari itu selain menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh, penting pula untuk merawat rambut Anda.

Namun, banyak orang yang sering salah. Kebanyakan orang-orang keramas dengan menggaruk-garuk kulit kepalanya agar sampo meresap ke dalam kulit kepala dan kotoran yang menempel akan menghilang. 

Justru dengan menggaruk-garukkan kulit kepala saat sedang keramas, hal itu akan membuat kulit kepala Anda rusak atau bahkan luka.

Hal yang benar adalah, lakukan massage atau pijatan-pijatan lembut pada saat Anda sedang keramas. Sama seperti bagian tubuh yang lain, kepala juga perlu di-masssage. 

Jika mungkin Anda sedang lelah, stres atau mengalami banyak tekanan, memijat kepala saat keramas akan membantu merenggangkan otot saraf kepala.

"Sebenarnya satu tubuh (perlu dipijat). Dari kepala, tubuh, sampai bawah ya. Orang pasti pernah mengalami stres. Terus dengan dipijat akan menjadi rileks. Kulit kepala juga sama seperti itu," ujar Henny Wijaya, Managing Director PT Beautindo Prima, dikutip Okezone.com.

Melakukan massage di kepala Anda akan membantu melancarkan peredaran darah di area kepala. Lakukanlah dengan lembut. Kepala memiliki begitu banyak saraf, sehingga apabila Anda memijat terlalu kencang, hal itu akan membuat kepala sakit.

"Kepala kan enggak dapat darahnya. Jadi massage kepala perlu dilakukan untuk memperlancar (peredaran darah). Karena darah lah yang memberi ‘makan’ ke akar rambut,” lanjutnya.

Selain itu, ketika keramas, gunakan sampo ke kulit kepala terlebih dahulu. Oleskan sambil pijat lembut kepala Anda. Hal ini akan lebih efektif dibandingkan dengan menggaruk-garuk kepala Anda dengan keras.