Kamis, 11 Oktober 2018 15:23 WITA

Kasus Karies Gigi di Sulsel Tertinggi di Indonesia

Penulis: Yuniastika Datu
Editor: Andi Chaerul Fadli
Kasus Karies Gigi di Sulsel Tertinggi di Indonesia

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Dekan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin(UNHAS), Prof Drg Baharuddin Talip mengatakan, jumlah kasus karies gigi di Sulawesi Selatan mengalami peningkatan, bahkan tertinggi secara nasional.

"Persoalan kesehatan gigi di Sulawesi Selatan mengalami peningkatan yakni 35 persen. Menempati posisi tertinggi di seluruh Indonesia," kata dia.

Menurutnya, pelayanan dari tahun ke tahun sudah semakin baik. Namun jumlah kasus karies semakin memburuk. Sehingga untuk menangani masalah tersebut setiap stakeholder harus bekerjasama.

"Fasilitas kesehatan sudah membaik, bahkan layanan kesehatan terdapat di mana-mana. Namun masalah ini menjadi persoalan yang belum terpecahkan. Jadi target Indonesia bebas karies menjadi tanggung jawab bersama dan kita harus kerja keras, tanpa kerja keras tidak akan tercapai target tersebut," kata dia.

Ia menambahkan, dalam menangani persoalan tersebut FKG Unhas memiliki program kerja yang akan kedepannya akan kembangkan yakni program One Student One Family.

"Satu mahasiswa kedokteran gigi itu akan kita minta untuk mendampingi satu keluarga selama 5 tahun, khususnya mengenai kesehatan giginya. Program ini akan dilaksanakan secara berkelanjutan. Sehingga para mahasiswa tersebut di tuntut untuk mem-followup," tambahnya.

Senada dengan itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan, dr Bachtiar Baso mengatakan,  pihaknya tengah bekerja sama dengan FKG Universitas Hasanuddin untuk menyelesaikan persoalan tersebut. 

Berita Terkait