Kamis, 11 Oktober 2018 01:00 WITA

Selain Cegah Flu, Olahraga Ini Ternyata Perkuat Daya Tahan Seks

Editor: Abu Asyraf
Selain Cegah Flu, Olahraga Ini Ternyata Perkuat Daya Tahan Seks
ILUSTRASI

RAKYATKU.COM - Anda mungkin tak pernah iri dengan orang yang rajin berlatih di gym atau menjadi olahragawan. Coba periksa daya tahan seks Anda. Inilah salah satu rahasia mengapa banyak orang selalu menyempatkan diri berolahraga. 

Setidaknya ada lima manfaat yang bisa diperoleh dari latihan beban ataupun jenis olahraga lainnya. Tidak sekadar membuat tubuh lebih bugar. Dikutip dari Fitnessformen.co.id, berikut lima manfaat nge-gym:

1. Lebih Jantan di Ranjang

Anda pasti sudah tahu bahwa latihan beban bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan memperlancar peredaran darah. Singkatnya, Anda jadi lebih bugar. Tapi, terus kenapa? Begitu pikir Anda. 

Kami beri satu alasan yang lebih baik dari itu. Meningkatkanya daya tahan tubuh dan kelancaran peredaran darah akan meningkatkan performa seksual Anda. Itu karena kelancaran peredaran darah, khususnya ke area genital, berpengaruh besar pada gairah seksual. Jadi, langsung maupun tidak langsung, olahraga bisa meningkatkan libido Anda. 

“Olahraga juga meningkatkan endorfin, yang memperbaiki suasana hati, dan dapat meningkatkan energi Anda. Tak hanya itu, memiliki tubuh yang kencang juga membuat Anda lebih seksi,” kata dr Rachmad Wishnu Hidayat, Sp.KO dari Premiere Clinique, Jakarta.

2. Lebih Kuat

Klise. Tapi sebelum Anda menyepelekan hal ini, bukan sekadar kuat dalam pengertian kemampuan mengangkat beban yang lebih berat, latihan beban membuat Anda lebih kuat dalam segala hal. Itu intinya. 

“Lebih kuat di sini maksudnya masalah fungsionalitas. Fitness mempersiapkan tubuh Anda untuk siap menjalani urusan harian, baik berjalan, duduk, berdiri, atau mengangkat dan menggerakkan barang," kata dr Wishnu. 

Dan manfaat itu akan Anda rasakan dalam jangka yang sangat panjang, memperkuat tulang dan mengurangi risiko osteoporosis. Jadi ketika rekan-rekan Anda yang malas berolahraga tersebut menjadi sangat rentan terhadap cedera pinggul ketika sudah tua, Anda boleh lebih tenang dari mereka.

3. Menghindari Flu

Latihan bisa membantu Anda mengatasi flu. “Olahraga, khususnya latihan beban, adalah cara dasar untuk melancarkan aliran darah ke seluruh bagian tubuh, mendistribusikan nutrisi secara optimal ke seluruh tubuh, sehingga memperbaiki metabolisme dan meningkatkan imunitas,” ungkap dr Wishnu.

4. Lebih Cerdas

Latihan fisik memicu produksi endorfin, hormon yang meningkatkan fungsi dan kerja otak dalam jangka pendek. Selain itu, peningkatan fungsi dan kerja otak setelah berolahraga juga terjadi karena semakin lancarnya peredaran darah ke otak. Itu kemampuan Anda menentukan prioritas dalam pekerjaan meningkat, membantu Anda mengusir pengganggu konsentrasi. 

“Hal ini sangat membantu saat Anda melakukan pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi tinggi,” ujar dokter yang juga merupakan staf pengajar di Fakultas Kedokteran UI RSCM ini. Jadi, berolahragalah 1-2 jam sebelum Anda menghadapi rapat penting atau melakukan tugas penting yang sulit.

5. Hidup Lebih Lama

Sebuah studi yang meneliti hubungan antara rutinitas berolahraga dan umur panjang, dipublikasikan dalam The US National Cancer Institute, menemukan bahwa pria yang aktif secara fisik (rajin berolahraga) meningkat harapan hidupnya 2-7 tahun lebih lama daripada mereka yang tidak berolahraga. 

Yang pasti, “Latihan intensitas tinggi jangka pendek dapat mengurangi risiko diabetes dan serangan jantung,” tambah dr Wishnu.

Tags