Rabu, 10 Oktober 2018 08:19 WITA

Hari Kesehatan Mental Se-dunia: Begini Cara Memperingatinya

Editor: Suriawati
Hari Kesehatan Mental Se-dunia: Begini Cara Memperingatinya
Shutterstock

RAKYATKU.COM - Tanggal 10 Oktober diperingati sebagai Hari Kesehatan Mental Se-dunia.

Ini adalah acara tahunan yang dirancang untuk mempromosikan pendidikan kesehatan mental di seluruh dunia, kesadaran dan advokasi, khususnya terhadap stigma sosial yang dihadapi banyak orang dengan masalah kesehatan mental.

Hari Kesehatan Mental pertama kali diselenggarakan oleh Federasi Dunia untuk Kesehatan Mental pada tahun 1992.

Sekarang, acara ini diadakan secara global, di mana ribuan pendukung dan sukarelawan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang kesadaran kesehatan mental dan dampak penyakit mental dalam kehidupan sehari-hari.

Tahun ini, perhatian khusus akan terfokus pada kesehatan mental kaum muda di seluruh dunia, dengan mengusung tema "Kaum muda dan kesehatan mental dalam dunia yang berubah."

Cara memperingatai Hari Kesehatan Mental Sedunia
Hari Kesehatan Mental Dunia dapat diperngati dengan berbagai cara. Mereka yang tertarik dapat mengambil tindakan dengan mendidik diri mereka sendiri tentang kesehatan mental dan mengenali tanda-tanda masalah kesehatan mental.

Mereka juga dapat mengatur percakapan di kantor, sekolah dan komunitas lokal, tetangga dan anggota keluarga tentang pentingnya kesehatan mental dan bagaimana mengenali tanda-tanda masalah kesehatan mental seperti depresi, dengan cepat.

Cara lain untuk mengamati Hari Kesehatan Mental Se-dunia termasuk menjadi relawan atau menyumbang ke klinik kesehatan mental dan layanan yang membantu orang yang menderita masalah kesehatan mental, dan mempraktekkan perawatan kesehatan mental yang tepat untuk diri mereka sendiri, seperti berolahraga, makan makanan sehat , menjadi sukarelawan, bermeditasi dan mencari konseling jika perlu.