Selasa, 09 Oktober 2018 15:59 WITA

Begini Cara Alami Mengencangkan Kulit Wajah

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Begini Cara Alami Mengencangkan Kulit Wajah
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Manusia memang memiliki batasan kulit kencang pada usia tertentu. Semakin bertambahnya usia, maka kulit wajah dan tubuhnya pun mulai mengendur. 

Lantas, bagaimana cara mengencangkan kulit wajah yang bisa Anda lakukan?

Saat ini banyak produk kecantikan yang dijual di pasaran dengan harga terjangkau hingga yang paling mahal, semua produk kecantikan ini menjanjikan kulit Anda akan kembali kencang lagi.

Hal penting yang perlu Anda perhatikan saat membeli kosmetik kecantikan adalah bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kosmetik tersebut. Pilihlah kosmetik berbahan dasar herbal dan tentunya sudah lulus uji edar produksi dari BPOM.

Namun, jika Anda ingin menghindari penggunaan bahan kimia dari produk kecantikan, Anda bisa mencoba cara mengencangkan kulit wajah secara alami. Dilansir laman Dokersehat, berikut adalah cara alami mengencangkan kulit wajah, diantaranya:

1. Cara mengencangkan kulit wajah alami yang pertama adalah dengan menjaga kelembapan kulit wajah. Caranya, minimal Anda harus  mengosumsi air minimal 8 gelas perharinya.

2. Cara mengencangkan kulit wajah berikutnya adalah mendapatkan waktu tidur yang cukup. Kurang tidur bisa berdampak pada kulit. Jika Anda kekurangan tidur, maka kantong  mata akan keluar dan keriput. Jadi usahakan selalu tidur tepat waktu dan hindari begadang terlalu sering.

3. Gunakan putih telur sebagai masker, karena putih telur bisa mengangkat kotoran-kotoran yang ada di wajah Anda. Caranya, cukup ambil beberapa putih telur, lalu oleskan pada wajah Anda dan biarkan sampai telurnya mengering. Setelah mengering baru Anda cuci wajah Anda dengan air hangat.

4. Cara mengencangkan kulit wajah yang banyak orang tidak kira adalah dengan mengonsumsi pisang. Pisang dipercaya mampu membuat kulit Anda menjadi kencang dan lembut. Caranya, ambil pisang yang sudah dikupas kulitnya, lalu di haluskan dan oleskan pada wajah dan sebagian leher, kemudian tunggu sekitar 20-30 menit, setelah itu di bilas dengan air dingin yang bersih.

Selain itu, Anda juga bisa menggabungkan putih telur dengan perasaan jeruk lemon. Bahkan, bisa dibilang lebih efektif menggunakan masker campuran jeruk lemon dan putih telur dibandingkan masker putih telur saja. Meski begitu, perlu Anda ketahui bahwa telur adalah salah satu makanan yang dapat menjadi penyebab alergi

5. Cara mengencangkan kulit wajah lainnya adalah dengan melakukan pemijatan pada area wajah dengan rutin. Pijat wajah akan meningkatkan sirkulasi darah pada wajah, sekaligus leher. Gerakan ke atas atau gerakan memutar dapat membantu mencegah munculnya garis halus dan keriput.

Pijat bisa bermanfaat secara maksimal jika dilakukan secara teratur, terutama pada malam hari sebelum tidur. Selain itu, Anda juga dapat mencoba pijat akupresur pada wajah untuk meredakan ketegangan dan merelaksasi otot wajah.

6. Selain perlu memperhatikan faktor dari luar tubuh, Anda juga harus tahu cara mengencangkan kulit wajah dari dalam tubuh yaitu dengan mengonsumsi makanan yang berperan penting untuk kesehatan kulit. Cara alami mengencangkan kulit wajah ini dilakukan dengan mengonsumsi asupan yang tinggi antioksidan, seperti vitamin D, E, beta karoten (vitamin A), protein, polifenol, flavonoid, dan asam lemak esensial (omega-3 dan omega-6).

Sumber nutrisi yang baik digunakan untuk cara mengencangkan kulit wajah adalah ikan, buah, sayur, susu, teh hijau, kunyit, telur, yoghurt dan kacang.

7. Bagi Anda memiliki kebiasaan merokok, sepertinya Anda harus bisa berhenti merokok. Tidak hanya membahayakan paru-paru, kebiasaan merokok juga bisa merusak kolagen dalam lapisan kulit sehingga kulit akan kehilangan elastisitasnya dan mudah mengalami keriput.