Selasa, 09 Oktober 2018 12:38 WITA

Ini Dampak Suka Bermain Ponsel Sambil Berjalan

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Ini Dampak Suka Bermain Ponsel Sambil Berjalan
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Ponsel kini telah menjadi benda yang sangat sulit untuk dilepaskan oleh sebagian orang. Banyak dari kita yang bahkan tetap memainkannya saat makan, buang air besar, hingga saat berjalan kaki. 

Meski terlihat wajar untuk dilakukan, dalam realitanya kebiasaan memainkan ponsel sambil berjalan kaki ternyata bisa menyebabkan munculnya sakit leher dan sakit punggung. Tak hanya terjadi pada orang tua, anak-anak juga bisa mengalami masalah kesehatan ini.

Selain menyebabkan sakit leher dan sakit punggung, kebiasaan memainkan ponsel sambil berjalan juga membuat kita lebih rentan terkena kecelakaan seperti tersandung, terpeleset, menabrak, atau bahkan ditabrak kendaraan bermotor akibat kita yang tidak berkonsentrasi lagi saat berjalan. Berdasarkan alasan inilah pakar kesehatan sangat menyarankan kita untuk berhenti terlebih dahulu jika ingin mengecek atau memainkan ponsel.

Ada sebuah penelitian yang melibatkan sejumlah partisipan dengan usia 18 hingga 34 tahun. Melalui penelitian ini dihasilkan fakta bahwa kebiasaan menggunakan ponsel saat berjalan bisa meningkatkan risiko terkena sakit punggung, sakit leher, dan sakit kepala.  Tanpa kita sadari, melakukannya bisa menambah beban pada tulang punggung hingga 25 kg.

Saat kepala kita menunduk demi melihat ke arah ponsel yang sedang kita mainkan di tangan, maka leher akan membentuk sudut sekitar 15 derajat dan membuat tulang punggung mengalami tambahan beban 16 kg. Jika sudut ini mencapai 30 derajat, maka beban tambahan akan meningkat hingga 20 kg.

Dilansir laman Doktersehat, apabila sampai sudutnya mencapai 45 derajat, maka beban ini akan bertambah hingga 23 kg! Beban ini tentu setara dengan saat kita menggendong anak kecil di punggung, bukan?

Kalau kita terbiasa memainkan ponsel sambil berjalan, maka bagian tulang punggung, pundak, dan leher akan terbebani sehingga rentan mengalami rasa nyeri. Bahkan, dalam banyak kasus, bisa jadi hal ini membuat tulang punggung atau leher melengkung yang tentu bisa membahayakan.

Telah banyak kasus yang menunjukkan bahwa bermain ponsel sambil berjalan atau berkendara menyebabkan kecelakaan lalu lintas yang berakibat fatal. Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita tidak lagi melakukannya.