Sabtu, 06 Oktober 2018 18:57 WITA

Negara Dengan Tingkat Infeksi TBC Tertinggi di Dunia

Editor: Suriawati
Negara Dengan Tingkat Infeksi TBC Tertinggi di Dunia
INT

RAKYATKU.COM - Laporan baru dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan wilayah di dunia paling mungkin untuk mengalami infeksi paru-paru tuberkulosis (TBC).

Menurut laporan Global Tuberculosis Report 2018, Lesotho, sebuah negara yang ada di Afrika Selatan, mengalami kondisi terburuk, dengan 665 kasus TBC per 100.000 penduduk.

Setelah Lesotho, Afrika Selatan memiliki kasus terbanyak kedua (665), kemudian Filipina (554), diikuti oleh negara-negara Afrika Mozambik (551) dan Gabon (529).

Zona bahaya lain yang masuk 10 teratas termasuk Korea Utara, Timor-Leste di Asia, Kepulauan Marshall di Pasifik, Papua Nugini, dan Mongolia.

Sebaliknya, negara-negara yang paling aman dari infeksi ini adalah Barbados, British Virgin Islands, dan Cook Islands, dengan nol kasus.

Tuberkulosis adalah salah satu dari 10 penyebab kematian terbesar di dunia, menewaskan sekitar 1,3 juta orang tahun lalu dan merupakan satu-satunya infeksi paling mematikan.

Tuberkulosis adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri mycobacterium tuberculosis, yang dapat mempengaruhi bagian tubuh mana pun tetapi paling umum di paru-paru.

Pada orang sehat bakteri biasanya dapat dibunuh oleh sistem kekebalan tubuh. Sementara mereka yang memiliki sistem kekebalan yang lemah atau tanpa perawatan kesehatan yang baik, lebih berisiko mengalami komplikasi serius.

Gejala penyakit ini termasuk batuk, demam dan kelelahan. Dalam kasus berbahaya yang tidak diobati, infeksi ini dapat menghancurkan paru-paru dari dalam ke luar.

Tags