Sabtu, 06 Oktober 2018 12:45 WITA

Manfaat Manfaat Tepung Kelapa untuk Kesehatan

Editor: Suriawati
Manfaat Manfaat Tepung Kelapa untuk Kesehatan
Tepung kelapa

RAKYATKU.COM - Tepung kelapa adalah daging kelapa yang telah dikeringkan dan diolah menjadi bubuk.

Karena ini tidak diolah dari biji-bijian, maka tepung kelapa bisa menjadi alternatif bagi orang-orang yang alergi tepung terigu.

Nutrisi tepung kelapa
Satu porsi tepung kelapa, yang terdiri dari 100 gram,  memiliki sekitar 333 kalori, 13 gram protein, dan 20 gram lemak. Ini juga memiliki 20 gram gula, 53 gram karbohidrat, dan 40 gram serat.

Berikut manfaat tepung kelapa:

1. Mencegah intoleransi gluten
Tepung ini secara alami bebas gluten (protein yang ditemukan dalam produk gandum). Sekadar diketahui, kelebihan gluten dapat menyebabkan masalah pencernaan.

Selain itu, mengonsumsi makanan bebas gluten juga dapat membatu Anda menjaga berat badan normal.

2. Baik untuk pencernaan
Tepung kelapa memiliki kandungan serat tertinggi dibandingkan tepung lain yang tersedia secara komersial.

Diet tinggi serat tidak hanya baik untuk kesehatan pencernaan dan tekanan darah, tapi juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan membantu mencegah kenaikan berat badan karena membuat Anda kenyang lebih lama.

3. Menjaga kesehatan otot
Tepung kelapa juga mengandung jauh lebih banyak protein daripada tepung gandum utuh. Protein sangat penting untuk tulang, otot, dan jaringan.  

4. Mencegah diabetes
Tepung kelapa memiliki indeks glikemik yang sangat rendah. Oleh karena itu, menggunakan tepung kelapa untuk membuat kue dapat membantu mencegah lonjakan gula darah dan diabetes.

Tips menggunakan tepung kepala
Tepung kelapa bukanlah biji-bijian, jadi lebih lembut dan lebih menyerap daripada tepung terigu. Jadi itu tidak bisa diganti dengan rasio 1:1.

Takaran yang tepat adalah gunakan ? cangkir tepung kelapa untuk menggantikan 1 cangkir tepung terigu.

Selain itu, tepung kelapa juga cenderung menggumpal dan harus dicampur dengan baik dengan semua bahan kering sebelum menambahkan cairan.