Jumat, 05 Oktober 2018 04:00 WITA

Inilah yang "Membunuh" Gairah Wanita 

Editor: Eka Nugraha
Inilah yang

RAKYATKU.COM --- Membangkitkan gairah wanita bukan perkara mudah. Setiap wanita harus mendapat sentuhan berbeda-beda untuk meningkatkan gairahnya. 

Meningkatkan libido wanita tak cuma bergantung pada faktor fisik. Ahli percaya ada kombinasi faktor antara mental dan emosional yang memengaruhi libido wanita. Sampai saat ini, masih sulit menentukan mengapa wanita tak mendapat 'mood' bercinta. 

Meski demikian, peneliti banyak mengungkap hal-hal yang bisa membunuh gairah wanita. Seperti yang dilansir CNN Indonesia, inilah hal yang bisa membunuh gairah wanita itu. 

1. Kurang tidur

Aktivitas begadang bakal merusak sesi ranjang Anda keesokan harinya. Studi pada 2015 yang dipublikasikan dalam Journal of Sexual Medicine menemukan bahwa untuk wanita, tidur lebih lama membuat hasrat seksual lebih tinggi dan lebih peka terhadap rangsangan keesokan harinya. 

2. Gangguan kelenjar endokrin

Gairah seks berhubungan dengan hormon tubuh. Salah satu kemungkinan rendahnya gairah seks wanita hadir karena gangguan kelenjar endokrin atau pengatur hormon. 

Konsumsi makanan tak sehat membuat hormon menjadi kacau dan menurunkan kadar hormon testosteron yang menandai turunnya libido. 

Sebuah studi dari University of Rochester, New York, Amerika Serikat, menyebut wanita dengan urine mengandung phthalates dilaporkan memiliki masalah dengan libido. 

3. Menjalani pengobatan tertentu

Terapi pengobatan tertentu dapat memengaruhi gairah seks. Obat-obatan seperti antidepresan, pengobatan untuk tekanan darah, serta obat untuk mengontrol kesuburan diketahui dapat mengacaukan libido. 

Kate menyarankan Anda yang tengah menjalani pengobatan untuk berdiskusi lebih lanjut dengan dokter dalam mencari alternatif lain.

4. Pasca-melahirkan

Menurut terapis seks, Nikki Green, umumnya wanita mengalami gangguan pada libido pasca-melahirkan. 

"Wanita dengan anak atau balita cenderung kurang tertarik dengan seks, kadang karena kelelahan. Fluktuasi hormon dan fakta bahwa begitu banyak kebutuhan secara fisik bisa juga membuat mereka meninggalkan seks," ujar Nikki dikutip dari South China Morning Post (27/8). 

5. Stres 

Stres kerap jadi 'kambing hitam' untuk banyak persoalan seperti masalah kulit, kebiasaan tidur hingga hubungan intim. Stres membuat seseorang merasa cemas, tak nyaman, dan menurunkan kadar hormon. Akibatnya, gairah seks pun menurun karenanya.

Tags