Kamis, 04 Oktober 2018 18:30 WITA

Ini Dampak Minum yang Manis Setelah Makan

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Ini Dampak Minum yang Manis Setelah Makan
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Banyak orang yang sengaja mengonsumsi minuman manis seperti es teh manis, kopi, minuman bersoda, dan lain-lain setelah makan besar. Sayangnya, menurut pakar kesehatan, kebiasaan ini bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal berjudul BMC Nutrition, dihasilkan fakta bahwa sering mengonsumsi minuman manis setelah makan akan mempengaruhi kondisi lingkar pinggul, kesehatan gigi, hingga kesehatan organ dalam. Bahkan, kita juga bisa menurunkan oksidasi lemak hingga 8 persen.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh United States of Department of Agriculture (USDA) ini, dihasilkan fakta bahwa kebiasaan minum yang manis setelah makan akan menurunkan oksidasi lemak hingga 7,2 gram yang tentu akan berpengaruh besar bagi sistem metabolisme tubuh dan berat badan.

Penelitian yang dipimpin oleh dr. Shanon Casperson ini menyebutkan fakta bahwa kebiasaan minum yang manis setelah makan ternyata juga memicu keinginan untuk mengonsumsi camilan yang asin dan gurih dengan berlebihan. Padahal, kebiasaan ini bisa menyebabkan dampak buruk bagi tekanan darah.

Dalam penelitian ini, 27 orang sehat dengan usia rata-rata 23 tahun dilibatkan untuk mengetahui kebiasaan makan dan minum mereka setiap hari. Hasilnya adalah, kebiasaan mengonsumsi minuman manis setelah makan akan meningkatkan asupan protein dan kalori lebih banyak.

Dilansir laman Doktersehat, hal ini tentu bisa berimbas pada meningkatnya risiko terkena obesitas atau masalah berat badan. Selain itu, mengonsumsi kalori dengan berlebihan juga bisa memicu peningkatan risiko terkena diabetes.

Jika kita juga terbiasa mengonsumsi minuman manis setelah mengonsumsi makanan tidak sehat seperti gorengan atau makanan cepat saji, maka jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh akan jauh dari batas aman. Padahal, kebanyakan tempat makan yang menyediakan makanan-makanan ini juga menyajikan minuman manis untuk dikonsumsi setelah makan.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengonsumsi air putih alih-alih minuman manis setelah makan. Selain itu, pastikan untuk mengonsumsi air dengan suhu normal, bukannya air yang diberi tambahan es karena akan membuat pencernaan bekerja dengan jauh lebih keras.