Jumat, 05 Oktober 2018 04:30 WITA

Viral Soal Ratna Sarumpeat, inilah Fakta Tentang Operasi Plastik

Editor: Eka Nugraha
Viral Soal Ratna Sarumpeat, inilah Fakta Tentang Operasi Plastik

RAKYATKU.COM -- Masyarakat Indonesia heboh tentang aktivis Ratna Sarumpeat yang melakukan operasi plastik tetapi mengaku dikeroyok orang yang tidak dikenal. 

Belakangan dia membantah dan mengaku telah berbohong. Wajah Ratna yang bengkak dan memar bukan karena dihajar. Tetapi efek dari operasi plastik facelift.

Sebenarnya ada beragam jenis operasi plastik. Tujuannya bermacam-macam pula. Tetapi kebanyakan untuk memperindah bentuk tubuh seseorang. Berikut ini beberapa fakta mengenai operasi plastik. 

1. Facelift untuk wanita tua 

Operasi plastik Facelift yang dilakukan oleh Ratna Sarumpeat adalah salah satu jenis operasi plastik yang banyak dilakukan oleh para wanita setengah baya. Tujuannya untuk mengembalikan kulit seperti saat masih muda.

2. Sejarah Operasi Plastik
Operasi plastik menjadi pilihan karena dianggap bisa memberikan penampilan yang lebih baik secara instan. Istilah operasi plastik sudah ada sejak tahun 1837 di Yunani. Saat itu operasi plastik disebut dengan istilah plastikos.

Dalam bahasa Yunani, plastikos berarti membentuk atau mencetak. Namun, pada zaman itu belum ditemukan plastik. Dilansir Medscape, plastik sendiri baru ditemukan 18 tahun kemudian.

Tapi mengapa disebut dengan operasi plastik? Sesuai dengan artinya dalam bahasa Yunani, operasi plastik awalnya untuk merekonstruksi atau memperbaiki cacat yang dialami manusia.

Namun seiring waktu, operasi plastik berkembang dan digunakan untuk memperbaiki dan memperindah penampilan wajah atau bagian tubuh tertentu seseorang.

3. Jenis Operasi Plastik
Jenis operasi plastik banyak sekali, tapi kita mungkin lebih akrab dengan operasi plastik untuk keperluan estetika. Beberapa di antaranya adalah rhinoplasty (operasi hidung), smile lipt, implan payudara, penipisan rahang dan sebagainya.

Meski jenis operasi plastik untuk estetika bermacam-macam, namun memiliki tujuan yang sama yaitu memperindah penampilan seseorang.