Kamis, 04 Oktober 2018 16:35 WITA

Pelukan Setelah Bertengkar Benar-benar Dapat Menenangkan

Editor: Suriawati
Pelukan Setelah Bertengkar Benar-benar Dapat Menenangkan
INT

RAKYATKU.COM - Sebuah penelitian baru menemukan bahwa pelukan benar-benar dapat membuat Anda merasa lebih baik setelah bertengkar.

Bukan itu saja. Para peneliti dari Carnegie Mellon University juga juga menemukan bahwa memegang tangan dapat meningkatkan suasana hati seseorang setelah konflik, dan efeknya berlangsung hingga keesokan harinya.

Dalam studinya, peneliti mewawancarai 404 pria dan wanita dewasa setiap malam selama 14 hari berturut-turut tentang pertengkaran mereka, bagaimana mereka menyelesaikannya, dan bagaimana perasaan mereka setelah itu. 

Mereka yang melakukan pelukan atau berpegangan tangan ditanya lebih jauh tentang momen intim itu, termasuk seberapa sering mereka biasanya berpelukan, apakah mereka sering berpelukan setelah bertengkar, dan bagaimana perasaan mereka?

Setelah menggabungkan hasilnya, peneliti melihat korelasi yang jelas antara pelukan dan suasana hati.

Mereka yang berpelukan dengan orang yang mereka ajak bertengkar lebih mungkin untuk merasakan emosi positif setelahnya, dan lebih kecil kemungkinannya untuk merasakan emosi negatif.  

Efek yang kuat itu tampaknya berlama-lama juga, di mana orang yang diwawancarai melaporkan suasana hati positif sampai hari berikutnya.

Studi ini diterbitkan dalam jurnal PLOS ONE.