Kamis, 04 Oktober 2018 08:51 WITA

6 Manfaat Luar Biasa Susu Kerbau untuk Kesehatan

Editor: Suriawati
6 Manfaat Luar Biasa Susu Kerbau untuk Kesehatan
INT

RAKYATKU.COM - Meskipun susu kerbau bukan jenis susu yang populer, namun ini memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa.

Susu kerbau kaya akan protein, kalsium, zat besi, fosfor, vitamin A, dan senyawa penting lainnya. Tapi ini juga lebih tinggi kadar lemaknya dibandingkan susu sapi.

Mari kita menggali lebih detail tentang manfaat kesehatan dari susu kerbau.

1. Meningkatkan kesehatan jantung
Dibandingkan dengan susu sapi, susu kerbau sebenarnya mengandung lebih sedikit kolesterol. Jadi ini bisa menjadi pilihan yang baik bagi mereka yang peduli tentang kesehatan kardiovaskular.

2. Baik untuk pertumbuhan
Penelitian menunjukkan bahwa susu kerbau juga memiliki kandungan protein yang tinggi, sama seperti susu sapi.  Bahkan, susu kerbau memiliki protein 10% lebih banyak dari sapi. Ini bisa menjadi pilihan minuman untuk anak-anak untuk pertumbuhan mereka.

3. Meningkatkan kekebalan
Susu kerbau mengandung kadar vitamin A dan vitamin C yang lumayan banyak. Kedua vitamin ini adalah kunci bagi fungsi sistem kekebalan tubuh.

Kedua vitamin ini berfungsi sebagai antioksidan, membersihkan tubuh dari radikal bebas yang berbahaya dan racun yang dapat menyebabkan penyakit kronis.

Selain itu, vitamin C juga dapat menstimulasi sistem kekebalan tubuh dengan memproduksi sel darah putih, garis pertahanan pertama untuk tubuh.

4. Meningkatkan sirkulasi
Anemia adalah istilah formal untuk defisiensi zat besi, dan ini adalah masalah utama bagi orang di seluruh dunia. Obat yang bagus untuk kondisi ini adalah makanan yang mengandung zat besi tinggi, karena zat besi adalah komponen penting dari sel darah merah.

5. Meningkatkan kekuatan tulang
Ternyata, susu kerbau juga memiliki lebih banyak kalsium daripada susu sapi. Itu artinya, susu ini lebih baik dalam pencegahan osteoporosis dan meningkatkan kekuatan tulang.

6. Mengatur tekanan darah
Susu kerbau juga mengandung banyak potasium. Bahan ini berfungsi sebagai vasodilator, sehingga dapat membantu  menurunkan tekanan darah.

Dengan mengurangi ketegangan pada pembuluh darah dan arteri, susu kerbau dapat mencegah perkembangan aterosklerosis dan komplikasi koroner lainnya. 

Perhatian: Seperti disebutkan, susu kerbau memiliki lebih banyak lemak daripada susu sapi. Jika Anda berjuang dengan berat badan, memiliki metabolisme yang lambat, atau menjalani gaya hidup yang kurang aktif, susu kerbau mungkin bukan pilihan yang tepat untuk Anda.