Rabu, 03 Oktober 2018 12:16 WITA

Tips Mengatasi Rambut Rontok dan Pencegahannya

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Tips Mengatasi Rambut Rontok dan Pencegahannya

RAKYATKU.COM - Secara alamiah, rambut manusia akan mengalami kerontokan antara 50 hingga 100 helai per harinya. Namun, jika kerontokan rambut terjadi dengan berlebihan dan berkelanjutan, maka masalah ini akan cukup mencemaskan bagi kaum wanita.

Jika mengalami kondisi tersebut, maka harus mencari cara mengatasi rambut rontok. Memang, rambut memiliki jumlah jutaan atau hingga miliaran helai di kepala, namun, jika terus menerus mengalami kerontokan, maka lama kelamaan rambut dapat menipis ataupun mengalami kebotakan.

Kerontokan rambut secara psikologis juga sangat buruk bagi manusia, khususnya dalam kepercayaan diri pada kaum hawa. Bagaimana cara yang paling baik untuk mengatasi ini? Berikut adalah beberapa tips mengatasi masalah rambut rontok yang bisa anda coba.

Cara Mengatasi Rambut Rontok 

1. Kacang hijau

Cara mengatasi rambut rontok secara alami berikutnya adalah dengan menggunakan kacang hijau. Gunakanlah sekitar 1 cangkir yang telah direndam dalam air semalaman. Rendaman tersebut kemudian disaring. Air hasil saringan tersebut dapat dioleskan pada rambut dan kulit kepala dengan diselingi pijatan. Metode ini dapat dilakukan setidaknya tiga kali dalam seminggu.

2. Minyak zaitun dan madu

Cara mengurangi rambut rontok yang ke empat adalah menggunakan campuran dari lima sendok makan minyak zaitun dan dua sendok makan madu. Campuran ini dilumurkan ke seluruh rambut, diamkan rambut sekitar 15 menit sambil ditutupi dengan shower cap atau handuk, kemudian bilas sampai bersih. Anda dapat melakukan ini setidaknya seminggu sekali.

3. Terapi santan

Cara mengobati rambut rontok yang pertama adalah dengan menggunakan terapi santan kelapa dua kali dalam seminggu. Santan ini dilumurkan pada rambut secara menyeluruh hingga menyentuh kulit kepala, pijatlah kepala Anda, dan kemudian diamkan selama setengah jam. Setelah itu Anda dapat membilas rambut dengan air hangat dan berkeramas seperti biasa.

4. Kulit semangka

Cara mengatasi rambut rontok berlebih yang kedua adalah dengan menggunakan kulit dari sisa buah semangka. Anda dapat menggosokkan kulit semangka ini pada kulit kepala Anda. Setelah itu, Anda dapat mendiamkannya selama setengah jam, atau semalamam penuh, kemudian keramas seperti biasa pada pagi hari. Cara ini dapat dilakukan seminggu sekali.

5. Minyak kelapa

Cara mengobati rambut rontok yang terakhir, Anda dapat mengoleskan minyak kelapa pada rambut sambil dipijatkan pada kulit kepala. Sebaiknya diamkan selama sekitar 30 menit hingga satu jam sebelum keramas.

Selain mencoba beberapa cara di atas, ada baiknya Anda mulai mengonsumsi beberapa vitamin, seperti vitamin E maupun vitamin B kompleks yang sangat berguna bagi rambut.

Cara Mencegah Rambut Rontok

Anda bisa mencoba beberapa tips menjaga kebersihan rambut agar rambut Anda tidak mudah rontok, berikut di antaranya.

1. Hindari style yang menarik rambut

Rambut fleksibel, tetapi penelitian menunjukkan bahwa rambut Anda hanya dapat direntangkan sebelum menjadi rusak permanen. Gaya rambut seperti kuncir kuda dan kepang yang ketat dapat menarik rambut dari kulit kepala yang melonggarkan ikatan antara rambut dan kulit kepala Anda dari waktu ke waktu.

2. Hindari alat penata rambut yang terlalu panas

Menggunakan panas untuk gaya rambut dapat meninggalkan folikel rambut dehidrasi dan rentan terhadap kerusakan. Pengering rambut, pelurus rambut, dan alat pengeriting rambut dapat merusak rambut Anda dari waktu ke waktu.

3. Jangan merawat atau mewarnai rambut secara kimia

Bahan kimia perawatan rambut menyebabkan kerusakan tiba-tiba dan tidak dapat dicegah pada folikel rambut. Jika Anda khawatir rambut rontok, batasi penggunaan pewarna, highlight, perawatan peroksida, dan perm.

4. Gunakan sampo yang ringan dan cocok untuk rambut Anda

Tujuan sampo adalah untuk membersihkan rambut dari kotoran dan minyak berlebih. Tetapi banyak sampo komersial mengandung bahan-bahan kasar. Setelah satu kali digunakan, mereka dapat mengupas rambut Anda dari minyak alami dan asam lemak yang membuatnya kuat dan lentur. Baca bahan baku sampo sebelum anda membelinya, pilihlah yang menggunakan bahan alami. Coba gunakan produk jika Anda mengalami rambut rontok berlebih.

5. Gunakan sisir lembut yang terbuat dari serat alami

Menggunakan sisir lembut dengan serat yang alami akan meningkatkan kadar sebum (minyak) yang sehat pada rambut Anda. Protein keratin di rambut Anda ditumpuk seperti sirap di atap, jadi menyisirnya dengan lembut ke satu arah, mulai dari atas dan terus sampai ke ujungnya, akan membantu menghaluskan dan mengkondisikan kutikula rambut Anda pada tingkat molekuler. Menyisir rambut setiap hari juga dapat membantu Anda menghindari melihat gumpalan rambut di saluran pembuangan kamar mandi Anda.