Rabu, 03 Oktober 2018 04:30 WITA

Ini Sebabnya Pria Cenderung Makan Lebih Cepat dari Wanita

Editor: Fathul Khair Akmal
Ini Sebabnya Pria Cenderung Makan Lebih Cepat dari Wanita
Ilustrasi

RAKYATKU.COM - Jika kita cermati, pria cenderung makan dengan waktu yang lebih cepat dibandingkan dengan wanita. Bahkan, meskipun porsi makanan yang dimakan pria lebih banyak, seringkali pria tetap bisa menghabiskannya dalam waktu yang lebih cepat. Sebenarnya, apa sih penyebab dari hal ini?

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Korea Selatan, tepatnya di Semyung University, 48 mahasiswa yang terdiri dari 24 pria dan 24 wanita diminta untuk makan agar bisa dicek kebiasaan makannya, termasuk dalam hal seberapa cepat mereka menghabiskan makanan. Para peneliti juga menganalisa kebiasaan mengunyah masing-masing partisipan dengan menempatkan sejenis elektroda ke dalam rahang para responden saat mengonsumsi 152 gram nasi putih.

Dalam penelitian yang kemudian hasilnya dipublikasikan dalam jurnal berjudul Physiology and Behaviour ini, para peneliti mendapatkan data berupa ukuran gigitan, waktu yang digunakan untuk mengunyah setiap kali partisipan melahap satu sendok makanan, jumlah kunyahan dalam satu lahapan, dan seberapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menghabiskan makanan yang disediakan.

Dikutip dari doktersehat.com, hasil dari penelitian ini adalah, terdapat perbedaan yang mendasar antara data yang didapatkan dari pria dan wanita. Pria cenderung menggigit makanan dengan ukuran yang lebih besar. Kekuatan mengunyah makanan pria juga cenderung lebih besar. Hal ini disebabkan oleh ukuran rahang pria dan wanita yang secara anatomi memang berbeda. Hal inilah yang menjadi penyebab pria cenderung makan dengan lebih cepat dibandingkan dengan kaum hawa.

Meskipun secara kecepatan wanita dan pria cenderung mengunyah dalam waktu yang sama, ukuran rahangnya yang lebih kecil membuat wanita membutuhkan lebih banyak waktu untuk menghabiskan satu suapan makanan. Hal ini membuat mereka membutuhkan waktu yang lebih lama untuk makan.

Pakar kesehatan Profesor Cary Cooper dari Lancaster University menyebutkan bahwa selain secara anatomi, kepribadian seseorang juga mempengaruhi waktu menghabiskan makanan. Menurut Prof. Cooper, ada orang yang terbiasa untuk bergerak dengan lebih cepat dan gesit sehingga makan dengan lebih cepat. Sementara itu, ada orang yang makan dengan lebih santai sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama.