Selasa, 02 Oktober 2018 18:53 WITA

5 Manfaat Mengejutkan Nikotin untuk Kesehatan

Editor: Suriawati
5 Manfaat Mengejutkan Nikotin untuk Kesehatan
INT

RAKYATKU.COM - Nikotin adalah alkaloid yang ditemukan di tanaman nightshade. Ini memiliki efek yang kuat pada sistem saraf parasimpatik.

Ini adalah salah satu bahan kimia paling terkenal di planet ini, berkat kehadirannya dalam rokok. Tapi, banyak orang yang tidak menyadari jika bahan ini bisa ditemukan dalam jenis makanan lain.

Seperti dilansir dari Organic Facts, nikotin juga ditemukan dalam terong, tomat, dan kentang, meskipun dalam jumlah sedikit.

Dalam beberapa kasus, nikotin digunakan untuk tujuan pengobatan, atau untuk membantu dan mengobati kanker yang disebabkan oleh kecanduan rokok.

Pada dasarnya, bahan kimia ini tidak berbahaya. Tapi mengingat bahwa stimulan ini adalah bahan utama rokok, maka banyak orang mengidentifikasinya sebagai senyawa "buruk".

Berikut beberapa manfaat nikotin untuk kesehatan:

1. Penyakit parkinson
Meskipun merokok bukan hal yang direkomendasikan, tapi penelitian tertentu telah menemukan bahwa perokok tiga kali lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan penyakit Parkinson, dan itu karena efek nikotin pada otak.

2. Penyakit alzheimer
Sebagai stimulan kognitif, nikotin dapat membantu otak tetap aktif, sehingga dapat mengurangi risiko penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer.

3. Meningkatkan memori
Masih terkait dampaknya pada otak, nikotin juga dapat membantu meningkatkan daya ingat seseorang.

4. Radang sendi
Senyawa ini memiliki beberapa kualitas anti-inflamasi, sehingga bisa dijadikan obat radang sendi dan masalah peradangan kronis lainnya, termasuk sakit kepala.

5. Depresi
Sifat stimulan senyawa ini membuatnya sangat baik untuk mereka yang menderita energi rendah, depresi, dan gangguan mood.

Meski demikian, senyawa kimia ini juga memiliki sejumlah efek samping tertentu, khususnya kecanduan, gangguan sistem saraf, pertumbuhan tumor, dan efek negatif pada perkembangan otak.