Selasa, 02 Oktober 2018 03:03 WITA

Awas,Kalau 5 Zat Gizi Ini Kurang, Rambut Bisa Rontok

Editor: Aswad Syam
Awas,Kalau 5 Zat Gizi Ini Kurang, Rambut Bisa Rontok
Ilustrasi rambut rontok

RAKYATKU.COM – Mungkin Anda punya masalah dengan rambut rontok? Kerapkali kita menganggap itu disebabkan sampo atau perawatan rambut yang tidak cocok. Padahal, ternyata asupan gizi yang tidak cukup bisa menyebabkan rambut menjadi rontok rontok.

Asupan gizi untuk kekuatan kulit, rambut dan kuku umumnya adalah protein, vitamin dan mineral. Kelompok zat gizi tersebut penting untuk membentuk jaringan tubuh yang kuat, sehingga rambut menjadi tidak mudah rontok.

Dilansir dari Doktersehat, pakar kesehatan mikronutrien dari Jerman, Uwe Grober, ada beberapa zat gizi yang jika asupannya tidak terpenuhi akan menyebabkan rambut rontok, yaitu:

1. Protein
Protein merupakan zat gizi yang mendukung terbentuknya sel baru. Untuk itu asupan protein yang tidak terpenuhi dapat menyebabkan jaringan kulit kepala tidak sehat, utamanya untuk pembentukan akar rambut yang kuat. Sehingga selalu perhatikan apakah asupan protein tubuh Anda terpenuhi.

2. Zat besi
Zat besi menyuplai oksigen yang cukup ke seluruh jaringan tubuh. Kekurangan zat besi akan memengaruhi kebutuhan oksigen tubuh sehingga suplai gizi untuk kulit kepala bisa jadi tidak tercukupi. Zat besi adalah zat gizi yang mudah terpengaruh oleh zat gizi lain untuk itu perhatikan cara mengonsumsi zat besi dengan benar.

3. Zink
Zink erat kaitannya dengan kesehatan kulit dan rambut. Asupan zink yang tidak terpenuhi akan mengganggu pertumbuhan rambut dan pembentukan rambut baru. Meskipun zink cukup mudah diperoleh dari banyak makanan namun kita harus memastikan asupan untuk tubuh kita terpenuhi.

4. Tembaga (Cu)
Tembaga memengaruhi enzim dan ketersediaan zat besi yang penting untuk gizi kulit kepala dan rambut. Sehingga kekurangan asupan zat gizi tembaga tentu akan memengaruhi kesehatan rambut

5. Vitamin A
Vitamin A berperan penting dalam pembentukan sel. Kekurangan vitamin A akan menyebabkan sel berdiferensiasi yang pada beberapa jaringan sekitar rambut bisa menyebabkan rambut rontok.