Senin, 01 Oktober 2018 02:30 WITA

Tujuh Cara Seks yang Bikin Anda Hidup Lebih Lama

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Tujuh Cara Seks yang Bikin Anda Hidup Lebih Lama
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Berhubungan intim yang sering Anda lakukan dengan pasangan ternyata memiliki banyak manfaat. Saat melakukannya, Anda tidak hanya akan puas secara fisik saja, tapi juga secara psikis.

Seks membuat hubungan pria dan wanita semakin dekat karena komunikasi jadi mudah dilakukan. Manfaat lain dari seks adalah menunjang kesehatan dari pasangan. Bahkan, seks dianggap bisa menambah ekspektasi kehidupan dari seseorang.

Dengan melakukan seks secara rutin, tubuh akan lebih sehat sehingga peluang munculnya penyakit akan rendah. Dilansir Doktersehat, berikut cara seks membuat Anda bisa hidup lebih lama.

1. Membakar kalori berlebihan

Seks tidak ubahnya dengan melakukan olahraga dengan intens. Saat melakukan seks, tubuh akan membakar kalori hingga akhirnya mencapai klimaks. Melakukan seks secara rutin akan membantu Anda membakar kalori lebih banyak meski durasinya tidak terlalu lama.

Oh ya, meski seks bisa membakar kalori, Anda tetap disarankan untuk melakukan olahraga secara rutin. Kombinasi dua hal ini akan membuat seks lebih menggairahkan dan tubuh menjadi lebih sehat.

2. Menurunkan risiko penyakit jantung

Melakukan seks secara rutin akan memicu peredaran darah di dalam tubuh berjalan dengan lancar. Kondisi ini akan berpengaruh besar pada kesehatan kardiovaskular. Sering melakukan seks akan membuat jantung menjadi sehat dan gangguan seperti jantung koroner hingga serangan jantung tidak akan terjadi.

3. Meredakan pusing dan nyeri di tubuh

Melakukan seks secara rutin akan membuat tubuh mengeluarkan hormon bahagia dan hormon yang mengurangi rasa sakit. Anda yang sering mengalami pusing atau migrain biasanya membaik setelah mendapatkan orgasme berkali-kali. Hal ini juga berlakukan pada tubuh yang mengalami rasa sakit di beberapa bagian akibat cedera atau kecapaian.

4. Menyeimbangkan hormon di dalam tubuh

Masalah hormon mungkin tidak akan terlalu berpengaruh pada pria. Namun, pada wanita hormon memiliki pengaruh besar pada kehidupannya setiap hari. Kalau saja hormon di dalam tubuh tidak seimbang, mereka akan susah mendapatkan menstruasi yang rutin dan mengganggu proses pembuahan.

Cara terbaik untuk menghindari gangguan menstruasi adalah dengan melakukan seks. Pasca seks dilakukan hormon di dalam tubuh akan kembali normal perlahan-lahan.

5. Menurunkan stres dan tekanan darah

Melakukan seks secara rutin akan menurunkan kadar stres di dalam tubuh. Setelah orgasme, tubuh akan mendapatkan hormon bahagia yang merelakskan. Stres di dalam tubuh akan menurun perlahan-lahan dan membuat Anda atau pasangan jadi tenang.

Kalau kondisi stres menurun, kemungkinan tekanan darah menjadi normal akan tinggi. Jadi, lakukan seks kalau sedang penat dan stres berlebihan.

6. Menurunkan risiko kanker

Ada dua kanker yang sering menimpa pria dan wanita. Pada wanita, kanker payudara akan muncul lebih sering kalau aktivitas seks yang dilakukan pasangan semakin rendah. Sementara itu, pria yang jarang bercinta juga rentan terkena kanker prostat yang sama-sama berbahaya. Melakukan seks secara rutin akan menurunkan risiko dua penyakit ini.

7. Meningkatkan kontrol pada kandung kemih

Salah satu gangguan yang sering dialami oleh pria atau wanita yang sudah berusia lanjut adalah inkontinensia urine. Kondisi ini bisa muncul karena otot di pelvis mulai kendur dan kandung kemih mengalami gangguan. Akibatnya, perasaan ini kencing akan sering muncul dengan selisih waktu yang berdekatan.

Melakukan seks secara rutin akan mengatasi kondisi ini. Pria akan mudah mengatus otot di pelvis saat melakukan penetrasi dan wanita juga bisa mengontrolnya saat menerima penetrasi.