Minggu, 30 September 2018 17:59 WITA

Kelelawar Vampir Bisa Menyebarkan Bakteri Mematikan ke Manusia

Editor: Suriawati
Kelelawar Vampir Bisa Menyebarkan Bakteri Mematikan ke Manusia
INT

RAKYATKU.COM - Kelelawar vampir adalah jenis hewan yang mengisap darah sebagai makanan mereka. Terdengar menyeramkan? Ada fakta yang lebih mengerikan, yaitu kelelawar ini dapat menyebabkan infeksi yang berpotensi mematikan.

Menurut peneliti dari Montana State University, kelelawar vampir dapat menyebarkan bakteri Bartonella kepada manusia dan ternak. Infeksi itu bisa menimbulkan risiko kesehatan fatal.

Selama periode dua tahun, para peneliti mengumpulkan sampel darah, air liur dan feses dari kelelawar vampir yang melintasi Belize dan Peru, untuk menilai prevalensi infeksi Bartonella.

Hasilnya, penelitian menemukan bahwa 67 persen kelelawar yang diuji membawa bakteri Bartonella.

Kelelawar positif memiliki bakteri kemudian menjalani tes genetik tambahan. Itu bertujuan untuk membantu para peneliti menentukan bagaimana bakteri itu menyebar.

Bartonella sering menyebar melalui gigitan. Tapi selama penelitian, periset menemukan bahwa ludah dan sampel feses kelelawar juga mengandung bakteri berbahaya itu. Hal itu menunjukkan bahwa bakteri Bartonella dapat menyebar melalui kontaminasi lingkungan.

Namun para peneliti menekankan bahwa dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk mengeksplorasi bagaimana Bartonella menyebar dari kelelawar ke manusia.

Temuan itu diterbitkan 27 September dalam jurnal PLOS Neglected Tropical Diseases.

Kelelawar vampir umumnya ditemukan di Amerika Latin.