Senin, 01 Oktober 2018 02:00 WITA

Sering Mimpi Buruk Petanda Kesehatan Tubuh Buruk?

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Sering Mimpi Buruk Petanda Kesehatan Tubuh Buruk?

RAKYATKU.COM - Siapa sih yang senang jika mengalami mimpi buruk? Tak hanya membuat tidur menjadi tidak nyenyak, banyak orang yang mengaku sampai terbangun dan akhirnya takut untuk kembali memejamkan mata. 

Selain itu, mimpi buruk juga bisa membuat kita bangun pagi dengan kondisi letih. Hal ini tentu akan berimbas pada kesehatan fisik, kebugaran, dan kesehatan mental kita.

Jika kita sering mengalami mimpi buruk, maka kita akan sulit berkonsentrasi saat bekerja atau melakukan hal-hal lainnya, mengalami suasana hati yang buruk, hingga selalu terpikir dengan mimpi buruk tersebut. Sebenarnya, apakah sering mimpi buruk menandakan bahwa kita sedang mengalami masalah kesehatan tertentu?

Pakar kesehatan menyebutkan, mimpi buruk sebagai mimpi yang panjang dan memiliki rincian yang jelas sehingga bisa membuat kita merasa takut, sedih, atau bahkan khawatir. Biasanya, mimpi buruk hanya akan muncul sesekali saja, namun, dalam beberapa kasus, mimpi ini bisa sering terjadi, bahkan, bisa saja berlanjut setelah kita sempat terbangun dan kemudian tidur kembali.

Dilansir Doktersehat, mimpi buruk yang sering datang ini bisa saja muncul saat tidur siang, tak hanya di malam hari sehingga membuat kita terus merasa cemas dan akhirnya membuat kita tak lagi bisa fokus dengan aktivitas sehari-hari.

Jika sampai mimpi buruk sering datang, ada kemungkinan memang kita sedang mengalami masalah yang sangat berat sehingga menyebabkan stres dan tekanan mental yang berimbas pada datangnya mimpi buruk. Insiden traumatis seperti mengalami pelecehan juga bisa menjadi penyebabnya. Hal ini berarti, faktor kondisi kesehatan mental memang bisa menjadi penyebab utama datangnya mimpi buruk.

Hanya saja, dalam banyak kasus, mimpi buruk yang terus berdatangan ternyata juga bisa disebabkan oleh konsumsi obat-obatan tertentu. Sebagai contoh, banyak pasien yang mengonsumsi obat anti depresi justru mengalami mimpi buruk. Hal ini diakibatkan oleh adanya bahan kimia dari obat yang mempengaruhi aktivitas otak, termasuk saat tidur. 

Selain itu, beberapa jenis makanan tertentu yang kita konsumsi saat malam hari atau sebelum tidur ternyata juga bisa menjadi pemicunya. Sebagai contoh, jika kita makan makanan cepat saji di larut malam ternyata juga bisa mempengaruhi sistem metabolisme tubuh dan kinerja otak yang menyebabkan datangnya mimpi buruk.