Selasa, 25 September 2018 02:02 WITA

Ini Cara Alami Obati Wasir

Editor: Aswad Syam
Ini Cara Alami Obati Wasir
Ilustrasi

RAKYATKU.COM - Wasir adalah penyakit yang disebabkan pembengkakan pembuluh balik (vena) pada dubur. Faktor banyak duduk, sering jadi pemicunya.

Wasir sebenarnya bisa dicegah dengan cara membiasakan minum air putih 2,5 liter sehari, mengkonsumsi makanan berserat seperti sayur dan buah, serta melakukan gerak badan untuk menstimulasi buang air besar.

Selain pengobatan klinis, ini cara alami obati wasir:

1. Akar kangkung

Kangkung dipercaya sejak dahulu untuk membantu meredakan gejala wasir. Bagian kangkung yang paling bagus dijadikan obat herbal wasir yaitu pada bagian akarnya. Anda bisa memilih akar kangkung cabut, cuci bersih kemudian rebus hingga layu. 

Penggunaannya, air rebusan tadi dapat digunakan untuk membasuh dan membersihkan anus yang terdapat benjolan ambeien.
 
Selain penyajian di atas, Anda juga bisa menyajikan dengan cara lain seperti :

Ambilah beberapa genggam akar kangkung, setelah itu tambahkan 1 sendok teh adas, pulosari ½ ruas jari. Rebus semua bahan bersama dengan 2-3 gelas air hingga menyisakan 1 gelas saja. Diamkan sebentar hingga agak dingin, saring dan konsumsi ramuan tersebut 2 kali dalam sehari.

Ambil dan cuci bersih segenggam kecil akar kangkung dan rebus bersama 3 gelas air hingga mendidih dan sisihkan 1,5 gelas. Anda bisa mengkonsumsi setengah gelas setiap harinya.

2. Urang aring

Urang aring, selain bermanfaat menyuburkan rambut agar terlihat lebih tebal dan sehat, juga mempunyai manfaat lain sebagai obat herbal wasir.

Untuk meraciknya, persiapkan 7 buah urang aring, 7 lembar daun iler, 7 lembar akan patikan china dan 1 buah kayu ules. Rebus semua bahan bersama dengan satu gelas air hingga mendidih, kemudian saring dan tambahkan dengan 1 sendok makan madu asli.

Untuk hasil maksimal, konsumsi ramuan urang aring ini 2 kali setiap harinya pada pagi dan malam hari.

3. Kulit manggis

Selain rasanya lezat dan manis, bagian kulit manggis, juga mengandung banyak khasiat yang luar biasa dalam mengobati wasir. Tak heran, banyak di jumpai produk untuk obat wasir berbahan kulit manggis.

Kini, Anda pun bisa membuat obat herbal wasir sendiri dengan cara merebus kulit manggis yang sebelumnya sudah dikeringkan terlebih dulu. Konsumsi air rebusan kulit manggis tersebut secara rutin, agar wasir Anda dapat berangsur pulih.

4. Daun sirsak

Bisa dilihat penggunaan ramuan daun sirsak sebagai pengobatan alternatif sedang meningkat tajam. Tahukah Anda, kabar baiknya daun sirsak ini dapat Anda manfaatkan untuk obat herbal ambeien.

Caranya, persiapkan kurang lebih 10 lembar daun sirsak yang sudah dicuci bersih. Setelah itu, rebus daun tersebut bersama dengan 3 gelas air sampai mendidih. Biarkan hingga menyisakan air kira-kira dua gelas saja. Anda bisa menyembuhkan wasir dengan meminum ramuan daun sirsak tersebut saat pagi dan malam hari secara teratur.

5. Lidah buaya

Selain bisa dimanfaatkan untuk merawat rambut, ternyata lidah buaya juga bisa Anda manfaatkan untuk obat herbal wasir. Caranya, ambillah beberapa batang lidah buaya, cuci bersih lalu haluskan dengan menggunakan blender. Setelah menjadi jus, tambahkan bubuk gambir dan norit secukupnya dan aduk rata. Jika sudah, Anda bisa mengoleskan ramuan tersebut pada area anus atau benjolan wasir Anda.

Anda juga bisa melakukan cara lainnya. Haluskan lidah buaya dengan menggunakan parut, lalu tambahkan segelas air panas dan 2 sendok makan madu. Setelah diaduk rata, Anda bisa menyaringnya dan meminum hasil saringan tersebut.

6. Tanaman cocor bebek

Tahukah Anda, bahwa tanaman cocor beber mempunyai efek farmatolgis yang berfungsi untuk anti radang, menghentikan pendarahan dan mengurangi pembengkakan.

Untuk membuat ramuan obat herbal ambeien dengan menggunakan tanaman ini Anda bisa mneyiapkan kurang lebih 20 lembar daun cocor bebek, cuci bersih lalu diangin-anginkan hingga kering. Setelah itu, Anda bisa menumbuknya hingga halus sampai terbentuk bubuk halus.

Cara penyajiannya, seduh ramuan tersebut dalam satu cangkir air panas yang ditambahi dengan madu sesuai dengan selera Anda. Konsumsi ramuan tersebut 3 kali dalam sehari untuk hasil makismal.

7. Daun Handeuleum (Daun Ungu)

Di daerah Madura daun handeuleum disebut dengan Karatong, sedangkan daerah Bali menyebutnya dengan temen. obat herbal ambeien handeuleum ini mempunyai nama latin Latya Graptophyllum pictum L.Griffith. Di zaman dulu, tanaman ini kerap dijadikan lalapan mentah atau juga bisa di kukus untuk dibuat sayur.

Apabila Anda ingin memanfaatkan daun handeuleum untuk mengurangi ambeien, Anda bisa menyiapkan 7 lembar daun handeuleum, 1 sendok teh bubuk adas dan setengah ruas jari pulosari. Setelah itu, rebus semua bahan dengan 2 gelas air dan rebus hingga menyisakan 1 gelas saja.
 
Untuk penderita ambeien stadium 3-4, Anda bisa mengkonsumsinya 3 kali dalam sehari. Sedangkan untuk wasir ringan Anda bisa meminum rebusan tersebut 2 kali saja dalam sehari. Supaya lebih nikmat, Anda bisa menambahkan irisan temulawak pada rebusan tadi.

8. Bunga pagoda

Tidak banyak yang mengetahui bahwa bunga pagoda mempunyai khasiat untuk menyembuhkan ambeien. Bunga yang satu ini mungkin sudah pernah Anda lihat, namun Anda tidak tahu nama drai bunga tersebut.

Kini, Anda bisa membuat ramuan obat herbal ambeien dengan menggunakan bunga pagoda yang nanyinya dapat mengurangi gejala ambeien Anda. Campurkan bunga pagoda dengan air sebanyak 2 gelas. Setelah itu Anda bisa merebusnya selama kurang lebih 20 menit. Ketika akan mengkonsumsi ramuan tersebut Anda bisa menambahkan madu ketika di konsumsi di pagi dan malam hari.