Senin, 17 September 2018 03:30 WITA

Banyak Makan Manis Ternyata Bikin Performa Seksual Pasangan Menurun

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Banyak Makan Manis Ternyata Bikin Performa Seksual Pasangan Menurun

RAKYATKU.COM - Performa seksual yang dimiliki oleh pasangan tidak hanya ditentukan oleh kesehatan alat vitalnya saja. Ada banyak faktor yang memengaruhi kemampuan seksual dari pasangan, salah satunya adalah apa yang mereka makan. 

Kalau pria dan wanita tidak memperhatikan apa yang mereka makan, tubuh akan merespons dengan menurunkan kemampuan seksual.

Dari berbagai makanan yang bisa menyebabkan gangguan seksual pada pasangan, gula dan turunannya adalah yang paling berpengaruh. Makanan manis mulai dari gula meja, gula buatan, hingga karbohidrat sederhana bisa menyebabkan penurunan kualitas seksual pria dan wanita. Mengapa? Coba simak beberapa ulasan di bawah ini.

1. Menurunkan kadar testosteron pada tubuh

Gairah seksual pria mengalami perubahan yang signifikan kalau sampai terjadi perubahan testosteron. Rendahnya testosteron berkorelasi dengan penurunan gairah seksual pada pria dan juga kemampuan seksualnya. Pria akan susah mendapatkan ereksi yang sempurna dan mempertahankannya.

Salah satu penyebab penurunan kadar testosteron pada pria adalah terlalu banyak mengonsumsi makanan yang manis. Makanan manis yang dimaksud ini bisa juga berupa nasi yang merupakan karbohidrat kompleks. Dari penelitian yang dilakukan, setidaknya ada penurunan testosteron sebanyak 25% dalam 2 jam saja setelah pria mengonsumsi 75 gram gula.

2. Membuat pasangan mudah lelah

Saat sedang puasa dan mendapatkan asupan manis ketika berbuka, Anda akan mudah sekali mengantuk. Meski perut tidak kenyang dan makan sesuatu yang berat, makanan manis bisa membuat Anda jadi mudah mengantuk dan lelah. Padahal setelah makan harusnya tubuh menjadi lebih bugar.

Ternyata masalah yang dialami oleh pria dan wanita ini terletak pada banyaknya kadar gula yang masuk. Kadar gula yang masuk ini menyebabkan gangguan pada penurunan orexin. Akibat kondisi ini, pria  dan wanita jadi mudah mengantuk dan yang paling parah dari semuanya adalah penurunan kualitas seks.

3. Penurunan hormon pertumbuhan

Saat gula darah di dalam tubuh naik, insulin juga ikut naik untuk menetralkannya. Sayangnya, produksi insulin yang cukup masif ini justru memberikan efek buruk khususnya pada pria. Efek buruk itu adalah penurunan hormon pertumbuhan atau GH yang bermanfaat untuk kemampuan seksual pada pria.

Hormon pertumbuhan atau GH berfungsi untuk mempercepat pertumbuhan otot, pada pria yang ingin membentuk otot sangat bermanfaat. Selanjutnya, hormon ini juga digunakan untuk mempertahankan libido pada pria. Kalau pria sampai mengalami kondisi ini mereka akan malas melakukan seks karena merasa malas.

4. Menyebabkan kegemukan

Terlalu banyak gula yang masuk ke dalam tubuh sering sekali tidak disadari oleh pria. Kondisi ini membuat pria selalu surplus kalori setiap harinya. Berbagai tumpukan kalori yang masuk ke dalam tubuh akhirnya diubah menjadi lapisan lemak dan disimpan di area perut, bokong, dan kemaluan.

Pada pria, peningkatan lemak akan mengganggu mereka saat mendapatkan ereksi dengan sempurna. Seks juga sering terganggu akibat perut yang membesar. Pada wanita kondisinya hampir sama, mereka jadi malas melakukan seks karena kegemukan mematikan libido dengan cepat.

5. Meningkatkan kecemasan dan rasa stres

Mengonsumsi banyak makanan manis justru membuat Anda merasa sering lapar secara berlebihan. Kalau Anda terus makan dan susah dihentikan, kemungkinan terjadi kenaikan gula darah akan tinggi. Kalau sudah ada pada fase ini perubahan suasana hati bisa berjalan dengan lebih cepat. Pria dan wanita jadi sering tidak bernafsu untuk melakukan seks.

Tags