Sabtu, 15 September 2018 20:03 WITA

Awas, Jangan Makan Gorengan Sambil Ngopi

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Awas, Jangan Makan Gorengan Sambil Ngopi
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh banyak orang saat berkumpul dengan keluarga atau teman-teman adalah dengan minum kopi sambil ngemil gorengan.

Aktivitas ini sangatlah nikmat untuk dilakukan karena baik kopi ataupun gorengan memiliki rasa yang enak. Sayangnya, menurut pakar kesehatan, minum kopi sambil ngemil gorengan bisa berbahaya bagi kesehatan.

Pakar kesehatan dari University of Guleph menyebutkan, jika kita mengonsumsi gorengan sambil ngopi, maka risiko terkena kenaikan kadar gula darah bisa meningkat dengan signifikan.

Padahal, jika sampai gula darah melonjak, risiko terkena diabetes juga akan ikut meningkat. Yang menjadi masalah adalah, sudah menjadi rahasia umum jika diabetes termasuk dalam penyakit yang sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kematian.

Terry Graham, salah satu peneliti dari universitas tersebut menyebutkan bahwa minyak yang ada dalam gorengan kaya akan kandungan lemak jenuh. Kandungan ini akan membuat tubuh tak mampu membersihkan gula darah dengan efektif.

Jika kita minum kopi, kesulitan tubuh untuk melakukan proses pembersihan gula darah ini akan bertambah dua kali lipat dan akhirnya membuat kadar gula darah berada dalam kondisi tinggi.

“Banyak orang yang tidak sadar jika lemak jenuh bisa bertahan pada tubuh hingga berjam-jam lamanya dan memberikan efek kesehatan yang sangat tidak sehat,” ucap Terry, dilansir Doktersehat, Sabtu (15/9/2018).

Jika sampai gula darah terus berada dalam kondisi tinggi, maka pembuluh darah akan lebih rentan mengalami kerusakan sehingga bisa memicu datangnya penyakit jantung. Hal ini berarti, kebiasaan makan gorenagn dan ngopi bersamaan ternyata memang bisa memberikan efek yang sangat berbahaya sehingga sebaiknya jangan dilakukan.