Sabtu, 15 September 2018 13:12 WITA

Pria 64 Tahun Jadi Penerima Transplantasi Wajah Tertua di Dunia

Editor: Suriawati
Pria 64 Tahun Jadi Penerima Transplantasi Wajah Tertua di Dunia
Maurice Desjardins

RAKYATKU.COM - Seorang pria Kanada berusia 64 tahun, yang separuh wajahnya rusak akibat kecelakaan berburu, menjadi orang tertua di dunia yang menerima transplantasi wajah.

Maurice Desjardins, dari Quebec terkena tembakan yang tidak disengaja selama berburu tujuh tahun lalu. Kecelakaan nahas itu merusak saraf wajah, otot, dan tulangnya.

Operasinya dilakukan di Rumah Sakit Maisonneuve-Rosemont di Montreal. Empat bulan setelah prosedur itu, Desjardins dilaporkan telah mendapatkan kembali kemampuan untuk bernapas dengan baik dan telah mulai mengunyah, mencium, dan berbicara dengan wajah barunya.

Sebelum menjalani transplantasi, Desjardins telah menjalani lima operasi rekonstruksi, namun ia tetap menderita sakit kronis dan memaksanya harus tetap di rumah.

Oleh karena itu, dia memutuskan untuk menjalani transplantasi untuk mengembalikan rahang, otot wajah, saraf, gigi, bibir dan hidungnya.

Dia menjalani operasi 30 jam pada bulan Mei, yang melibatkan tim yang mencakup sembilan ahli bedah dan 100 staf medis.

Menurut para dokter, operasi itu adalah kesempatan terakhir untuk memulihkan kehidupan normal Desjardins dan mereka sangat senang dengan hasilnya.

“Operasi yang rumit ini adalah hasil kerja keras yang dilakukan selama bertahun-tahun oleh tim yang luar biasa dan keberanian dan kerja sama yang luar biasa dari pasien dan keluarganya," kata ”kata Dr. Daniel Borsuk, yang memimpin operasi.

"Melalui kombinasi sains, teknologi, teknik, dan seni, kami berusaha membangun pengetahuan dan pengalaman para pionir di lapangan untuk melakukan transplantasi wajah terbaik bagi pasien kami."

Pria 64 Tahun Jadi Penerima Transplantasi Wajah Tertua di DuniaProsedur transplantasi berlangsung selama lima tahun karena dokter perlu rahang, gigi, bibir, hidung dan otot wajah dan saraf.

Selama waktu itu, tim Borsuk merencanakan, menguji, dan menunggu donor yang cocok sehingga mereka dapat mentransplantasi wajah satu orang ke wajah orang lain.

Prosedur itu adalah transplantasi wajah pertama yang sukses di Kanada.

Transplantasi wajah pertama di dunia dilakukan di Perancis pada tahun 2005. Penerima, Isabelle Diniore meninggal tahun lalu  pada usia 49 tahun, 11 tahun setelah operasi.

Bulan lalu, dilaporkan bahwa Katie Stubblefield yang berusia 21 tahun menjadi penerima transplantasi wajah termuda setelah selamat dari percobaan bunuh diri pada usia 18 tahun.