Sabtu, 15 September 2018 09:35 WITA

Tips Agar Bisa Bangun Lebih Cepat di Pagi Hari

Editor: Suriawati
Tips Agar Bisa Bangun Lebih Cepat di Pagi Hari
INT

RAKYATKU.COM - Beberapa orang berjuang dengan masalah susah bangun pagi. Bahkan menggunakan alarm pun kadang tidak begitu membantu.

Lantas, bagaimana mengubah kebiasaan bangun siang, dan bisa bangun lebih pagi tanpa perasaan mengantuk? Ikuti tips berikut ini!

1. Hindari makan sebelum tidur
Hindari mengemil sebelum tidur, karena itu tidak hanya akan mengganggu tidur Anda tapi juga bisa menyebabkan kenaikan berat badan.

Selain itu, jika Anda makan sebelum tidur, sistem pencernaan Anda akhirnya memproses makanan ketika itu seharusnya rileks. Akibatnya itu bisa mengarah ke masalah perut seperti kembung.

2. Tidur lebih awal
Anda bisa bangun lebih awal dari biasanya jika Anda tidur lebih cepat pula, karena tubuh Anda mendapatkan cukup waktu untuk beristirahat dan memulihkan diri.

3. Buka sedikit tirai Anda
Tidur dengan tirai yang sedikit terbuka membantu Anda bangun secara alami keesokan paginya, ketika sinar matahari menerpa wajah Anda. Ini adalah salah satu cara paling menyenangkan bangun tanpa harus mengatur alarm.

Namun, itu tidak cocok jika Anda ingin bangun lebih cepat sebelum matahari terbit.

4. Jauhkan alarm dari jangkauan Anda
Ini adalah trik kuno, tapi sangat membantu orang bangun lebih awal. Kadang, ketika alarm bunyi, banyak orang yang menghentikannya dan tetap melanjutkan tidur.

Jika Anda menempatkannya lebih jauh, maka itu akan memaksa Anda bangkit dan melangkah untuk mematikannya, yang pada akhirnya mencegah Anda untuk kembali ke tempat tidur.

5. Bangun pada waktu yang sama tiap hari
Bangun pada waktu yang sama setiap hari dapat membuat otak Anda terbiasa dengan pola tidur itu, dan secara tidak sadar melatih otak Anda untuk membangunkan Anda pada waktu yang sama setiap hari.

6. Hindari minum kafein di malam hari
Seperti yang sudah Anda ketahui, asupan kafein di penghujung hari dapat mengganggu tidur Anda. Oleh karena itu, Anda harus menghindari mengonsumsi minuman berbasis kafein setidaknya 6 hingga 7 jam sebelum tidur.

7. Matikan semua perangkat elektronik
Cahaya biru yang dipancarkan layar ponsel, laptop, dan televisi merusak kesehatan Anda dan mengacaukan siklus tidur Anda. Ini bisa menipu otak Anda untuk berpikir bahwa itu siang hari, dan merangsangnya untuk melepaskan kortisol (hormon stres), yang dapat mencegah Anda tidur.

Sumber: Stylecraze