Sabtu, 15 September 2018 05:00 WITA

Fakta-fakta Ereksi Spontan, Mr P yang Tiba-tiba Menjulang, Normalkah?

Editor: Nur Hidayat Said
Fakta-fakta Ereksi Spontan, Mr P yang Tiba-tiba Menjulang, Normalkah?

RAKYATKU.COM - Penis sering kali dikaitkan dengan hal-hal yang berhubungan dengan seks. Nah, bisa saja saat berada di depan umum, Mr P tiba-tiba ereksi. Mengapa bisa demikian? Apakah itu normal?

1. Rangsangan fisik yang tidak disengaja

Dilansir dari healthline.com, ereksi spontan atau bisa disebut random boner, terjadi karena ada beberapa hal yang terjadi di dalam tubuhmu. 

Bisa dikarenakan rangsangan fisik. Misalnya ketika tidur, organ genitalmu bisa saja begesekan dengan sprei dan dianggap sebagai rangsangan. Sebagai respons, maka penis akan ereksi.

2. Perubahan hormon yang mendadak

Ada pergolakan hormon di dalam tubuh. Salah satu hormon yang sering disebut dalam kasus ini adalah hormon testosteron. Apabila hormon ini mendadak meningkat, bisa jadi penis akan ereksi dengan spontan walau tidak ada rangsangan fisik.

3. Mendadak otak rileks

Ereksi spontan juga dapat disebabkan oleh otak yang memasuki fase rileks. Selama terjaga, tubuh manusia akan melepaskan hormon yang menekan ereksi. 

Ketika rileks, hormon ini bisa berkurang sehingga otak memerintahkan tubuh memompa darah ke penis. Pas kamu bangun tidur, Mr P sudah menjulang tinggi.

4. Gabungan tiga hal di atas sering terjadi setiap kali masuk fase REM

Setelah membaca tiga hal di atas, bisa dimahami bahwa penis yang ereksi di pagi hari adalah hal yang wajar. 

Dilansir dari hellosehat.com, ereksi spontan kerap terjadi ketika memasuki fase Rapid Eye Movement (REM) alias ketika sudah tidur pulas. 

Dalam kondisi ini otak akan rileks serta tubuh akan mengalami peningkatan hormon testoteron yang tinggi juga. 

Gabungan dari tiga hal di atas akan menyebabkan para pria mengalami nocturnal penile tumescence (NPT) atau yang biasa kita kenal dengan istilah morning wood alias ereksi di pagi hari ketika bangun tidur.

5. Morning wood yang rutin pertanda sehat

Jangan sedih bila setiap pagi merasa kurang nyaman dengan ereksi spontan. Seharusnya gembira karena itu artinya seseorang dalam kondisi sehat. 

Morning wood menandakan tubuh bekerja dengan baik saat tidur. Otak berhasil memasuki fase rileks dan memompa darah menuju penis dan seharusnya ereksi tersebut mampu bertahan beberapa saat walau sudah terjaga.

6. Normalnya berapa kali pria ereksi spontan?

Dalam sehari ereksi spontan bisa terjadi kurang lebih hingga sebelas kali. Tapi, ini semua tergantung pada pola hidup. 

Dilansir dari medicalnewstoday.com, pria yang sehat umumnya akan mengalami ereksi setidaknya lima kali selama tidur pulas. 

Dan hebatnya lagi satu ereksi spontan bertahan kurang lebih 30 menit. Jika mendadak jarang mengalami ereksi di pagi hari, ada baiknya memperhatikan kesehatan. 

Selain itu, jika ereksi bertahan lebih dari empat jam, maka sebaiknya pergi ke dokter. Tak hanya itu, perhatikan juga apakah mengalami rasa sakit baik sebelum dan atau sesudah ereksi. Jika ya, segera konsultasikan ke dokter.

7. Bagaimana cara mengatasi ereksi spontan?

Ya, walaupun ereksi spontan merupakan hal yang wajar, tetap memalukan bila terjadi di depan umum. Bisa saja dicap punya pemikiran mesum atau sedang dalam kondisi membutuhkan aktivitas seksual. 

Ada beberapa cara untuk mengontol ereksi spontan selain ke toilet. Yang pertama, alihkan pikiran ke hal-hal yang membosankan atau hal yang membuat marah. 

Kedua, bisa jalan-jalan. Hal ini akan membuat otak memerintahkan tubuh untuk memompa darah ke bagian tubuh lain selain penis, sehingga ereksi cepat berakhir.

Sumber: IDN Times