Kamis, 13 September 2018 06:00 WITA

Hindari Kesalahan Mencuci Wajah Usai Berolahraga dengan Lakukan Ini

Editor: Abu Asyraf
Hindari Kesalahan Mencuci Wajah Usai Berolahraga dengan Lakukan Ini
ILUSTRASI

RAKYATKU.COM - Wajah termasuk area sensitif. Tidak boleh sembarang memperlakukannya. Jika tidak tepat, wajah bukannya makin bercahaya, malah jadi kusut.

Cara membersihkan wajah dengan benar perlu kamu diketahui sejak usia remaja. Dengan begitu, kamu bisa menjaga kebersihan sekaligus kesehatan muka kamu, Girls. Kamu tentu nggak mau dong kulit halusmu ternoda oleh munculnya jerawat atau komedo akibat cara mencuci muka yang salah?

Bagi yang hobi berolahraga, perlu lebih telaten membersihkan wajah dan tubuh. Setelah bergerak aktif, tubuh akan mengeluarkan keringat untuk mengeluarkan racun dari tubuh. 

Namun, saat berkeringat, kulit jadi rentan terkena debu dan kotoran yang dapat menyebabkan jerawat. Itu sebabnya, kamu harus segera membersihkannya untuk mencegah hal ini sampai terjadi. 

Berikut cara mencuci wajah dengan benar setelah berolahraga:

1. Keringkan Keringat 

Sebelum mencuci muka, keringkan terlebih dahulu yang ada di wajah dengan menggunakan handuk. Ini bertujuan untuk menghindari adanya sisa-sisa minyak dan keringat yang masuk dan menyumbat pori-pori.

2. Gunakan Air Suam-Suam Kuku

Cuci terlebih dahulu wajah dengan sabun cuci muka untuk membantu mengangkat kotoran dan mengurangi minyak berlebih yang menyebabkan komedo serta mencegah terbentuknya komedo baru, sebelum kamu menikmati segarnya air dingin saat mandi. 

Jangan lupa, terapkan cara membersihkan wajah dengan benar, ya, yaitu gunakan air suam-suam kuku dan pijat wajah dengan lembut supaya debu dan kotoran bisa bersih dengan lebih maksimal.

3. Gunakan Pelembap

Supaya kulit nggak kering, rutinitas lanjutan setelah cuci muka yang tepat adalah memakai pelembap. Tapi, hindari menggunakannya langsung setelah kamu cuci muka. Ini karena saat kamu berolahraga, metabolisme tubuh meningkat sehingga produksi minyak bertambah dan pori-pori membesar. Langsung memakai pelembap setelah kamu mencuci muka justru berisiko menyumbat pori-pori. 

Oleh sebab itu, sebaiknya diamkan dulu kulitmu selama 5-10 menit pada suhu ruangan, baru kemudian aplikasikan produk perawatan wajah. Beberapa pelembap mengandung Salicylic Acid yang membantu merawat kulit berjerawat.
 
4. Kenali Jenis Kulit

Setiap orang memiliki jenis kulit serta kebutuhan yang berbeda. Itu sebabnya, kamu harus mengetahui jenis kulitmu sebelum memutuskan sabun cuci muka seperti apa yang kamu butuhkan. 

Ini dikarenakan produk yang tidak sesuai dengan kulit, justru dapat membuat pori-pori wajahmu membesar. Akibatnya, kamu harus mencari cara mengecilkan pori-pori di wajah supaya tak mudah berjerawat.

Jika kamu merasa kulitmu cukup kering, pilihlah sabun cuci muka dengan pH seimbang untuk mencegah hilangnya minyak alami pada wajah. Sedangkan untuk kulit berjerawat, sebaiknya gunakan sabun cuci muka yang mengandung Salicylic Acid.

Berita Terkait