Rabu, 12 September 2018 14:47 WITA

Sikap Positif Dapat Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Editor: Suriawati
Sikap Positif Dapat Mengurangi Risiko Penyakit Jantung
INT

RAKYATKU.COM - Memiliki sikap positif dapat mengurangi risiko penyakit jantung seperti serangan jantung atau stroke, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal American College of Cardiology.

Penelitian itu dilakukan oleh periset di Northwestern University di Chicago dan Harvard School of Public Health di Boston.

Dalam analisisnya, peneliti menemukan bahwa sikap positif memiliki dampak langsung pada kesehatan kardiovaskular, dengan mengurangi hormon stres, denyut nadi dan tekanan darah.

Selain itu, orang-orang yang memiliki pandangan positif makan dengan lebih baik, berolahraga lebih banyak dan cenderung tidak merokok dan minum.

Untuk sampai pada kesimpulan itu, para peneliti memeriksa semua bukti yang ada yang mengaitkan kesehatan psikologis dengan kesehatan kardiovaskular.

Mereka menemukan satu bukti yang menunjukkan bahwa 25 persen orang yang memiliki optimisme tinggi, bisa mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung hingga 38 persen.

"Sikap positif membantu orang-orang mengatasi stres sehari-hari dengan lebih baik, yang berdampak pada kesehatan jantung," kata peneliti.

Oleh karena itu, para peneliti menyarankan dokter harus mempertimbangkan menggunakan konseling atau strategi relaksasi seperti yoga atau tai chi untuk meningkatkan kesehatan mental pasien mereka.