Selasa, 11 September 2018 14:21 WITA

Manfaat Mengesankan Terapi Ear Candling

Editor: Suriawati
Manfaat Mengesankan Terapi Ear Candling
INT

RAKYATKU.COM - Ear candling adalah cara membersihkan kotoran telinga menggunakan lilin yang dipanaskan, di lubang telinga.

Praktik ini telah banyak digunakan di Asia, Eropa, dan Amerika Utara. Bahkan ini diyakini telah dilakukan selama ribuan tahun.

Manfaat ear candling
Manfaat yang paling mengesankan dari ear candling termasuk menghilangkan penumpukan kotoran telinga, menurunkan risiko infeksi telinga, dan meningkatkan pendengaran. Mari kita bahas lebih lanjut!

1. Mengatasi telinga berdengung
Bagi orang-orang yang mengalami telinga berdengung tanpa henti, maka ear candling adalah perawatan yang tepat. Cara ini dapat membersihkan kotoran dan penyumbatan di dalam telinga.

2. Meningkatkan pendengaran
Beberapa orang mengalami masalah pendengaran, bahkan pada usia muda, yang mungkin disebabkan oleh penyumbatan di liang telinga. Seperti dikatakan sebelumnya, ear candling bisa mengangkat kotoran yang menyebabkan penyumbatan.

3. Mencegah infeksi telinga
Jika Anda kerap menderita infeksi telinga, ear candling dapat membantu memperlambat frekuensi infeksi dan mencegah bakteri berkembang.

Sayangnya, meski menjanjikan manfaat mengesankan, tapi banyak orang yang enggan melakukan terapi ini karena alasan keamanan.

Karena lilin ditempatkan begitu dekat ke wajah, beberapa ahli mengatakan bahwa itu berpotensi menyebabkan bahaya. Namun, solusi umum untuk ini adalah dengan menggunakan piring kertas untuk menampung lilin yang jatuh.

Alternatif lain ear candling
Namun jika Anda masih tidak nyaman melakukan ear candling, Anda bisa melakukan hal lain untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang sama.

Salah satunya adalah meningkatkan asupan asam lemak omega-3. Mandi air hangat juga dapat membantu melunakkan kotoran telinga.