Selasa, 11 September 2018 05:05 WITA

Ini Cara Sembuhkan Testis Bengkak di Rumah

Editor: Aswad Syam
Ini Cara Sembuhkan Testis Bengkak di Rumah
Ilustrasi

RAKYATKU.COM - Testis bengkak, sering juga disebut Hidrokel. Penyakit ini adalah kantung berisi cairan di dalam skrotum atau buah zakar laki-laki atau masyarakat kita biasa menyebutnya burut. 

Pada dasarnya, merupakan cadangan cairan di kedua buah zakar atau testis besar sebelah.

Dilansir dari doktersehat, kondisi buah zakar bengkak relatif umum, dengan perkiraan 1-2 persen anak laki-laki seperti di Amerika, lahir dengan buah zakar bengkak sebelah. 

Kebanyakan kasus, hidrokel tidak berbahaya dan cenderung hilang sendiri atau tanpa perawatan, namun pembengkakan skrotum harus selalu dievaluasi oleh dokter, untuk menyingkirkan penyebab buah zakar bengkak lainnya.

Cara Mengobati Buah Zakar Bengkak
Menyembuhkan hidrokel membandel biasanya memerlukan pembedahan, walaupun beberapa pengobatan di rumah mungkin juga membantu. Berikut cara mengobati buah zakar bengkak, seperti dilansir Wikihow.

1. Kenali tanda dan gejala hidrokel
Indikasi pertama hidrokel adalah pembengkakan atau pembesaran skrotum yang tidak menyakitkan, adanya kumpulan cairan di sekitar satu atau kedua buah pelir.

Bayi jarang mengalami komplikasi dari hidrokel dan sebagian besar hilang sebelum usia satu tahun tanpa pengobatan. Sebaliknya, pria dengan hidrokel akhirnya dapat mengalami ketidaknyamanan saat skrotum membengkak dan menjadi berat.

Hal ini dapat membuat kesulitan duduk, berjalan atau berlari dalam kasus ekstrem. Rasa sakit atau ketidaknyamanan dari hidrokel umumnya berkorelasi dengan ukurannya, semakin besar jumlahnya, semakin besar kemungkinan Anda akan merasakannya.

Hidrokel cenderung lebih kecil saat bangun pagi hari dan kemudian menjadi lebih bengkak seiring berjalannya hari. Penyebab buah zakar bengkak di antaranya adalah karena ketegangan tertentu meningkat dalam ukuran, dan bayi yang lahir prematur memiliki risiko lebih besar terkena hidrokel.

2. Bersabarlah dengan hidrokel
Pada sebagian besar kasus di antara bayi laki-laki, remaja dan pria, hidrokel hilang sendiri tanpa pengobatan spesifik. Penyumbatan atau kemacetan di dekat testis, akan sembuh sendiri dan hidrokel mengalir dan terserap ke dalam tubuh.

Jadi, jika Anda melihat skrotum yang membesar dan itu tidak menyakitkan atau menyebabkan masalah dengan buang air kecil atau saat berhubungan seks, biarkan beberapa saat untuk menyembuhkannya sendiri.

Untuk bayi laki-laki, hidrokel biasanya memudar sendiri dalam waktu satu tahun lahir.

Bagi pria, hidrokel sering berangsur hilang dalam waktu enam bulan, tergantung penyebabnya. Yang lebih besar mungkin memerlukan lebih banyak waktu, tapi sebaiknya tidak lebih dari satu tahun tanpa tindakan medis.

Namun, pada anak-anak dan remaja, hidrokel bisa disebabkan oleh infeksi, trauma, torsi testis atau tumor, sehingga kondisi ini harus mendapat pemeriksaan dari dokter.

Hidrokel mirip dengan ganglions (benjolan) berisi cairan yang terbentuk di selubung tendon dekat sendi dan kemudian berangsur hilang.

3. Cobalah mandi garam epsom
Jika Anda melihat pembengkakan yang tidak menyakitkan pada testis Anda, mandilah dengan air hangat yang ditambahkan beberapa cangkir garam epsom. Berendam di bak mandi selama antara 15 – 20 menit dengan kaki sedikit melebar, sehingga air merendam skrotum Anda. Kehangatan air bisa merangsang pergerakan cairan tubuh dan garam bisa mengeluarkan cairan melalui kulit dan mengurangi pembengkakan.

Garam epsom juga merupakan sumber magnesium yang kaya, yang membantu mengendurkan otot atau tendon dan menenangkan.

Jika ada rasa sakit yang berhubungan dengan hidrokel Anda, saat merendam skrotum Anda ke air hangat dapat menimbulkan lebih banyak peradangan dan membuat gejala Anda memburuk. Jangan berendam di bak air terlalu panas dan jangan duduk di bak mandi terlalu lama, untuk mencegah dehidrasi.

4. Hindari trauma pada testis dan PMS
Penyebab hidrokel tidak diketahui pada bayi laki-laki, meski diduga merupakan cadangan cairan dari peredaran darah yang buruk karena posisi bayi di dalam rahim.

Pada pria dan pria yang lebih tua, bagaimanapun, penyebab biasanya terkait dengan trauma pada skrotum atau infeksi. Trauma bisa terjadi dari olahraga gulat, bela diri, bersepeda dan berbagai aktivitas seksual.

Infeksi pada testis atau skrotum sering dikaitkan dengan penyakit menular seksual (PMS). Oleh karena itu, lindungi skrotum Anda dari trauma dan praktik seks aman.

Jika Anda bermain olahraga kontak, selalu kenakan groin guard dengan pelindung plastik untuk melindungi skrotum Anda dari cedera.

Selalu gunakan kondom baru saat berhubungan seks agar secara signifikan mengurangi risiko infeksi Anda. Premenstrual syndrome (PMS) tidak selalu menginfeksi testis, tapi juga jarang terjadi.

5. Ketahuilah kapan harus berobat
Anda harus mencari perhatian medis untuk bayi laki-laki Anda jika skrotumnya bengkak tidak hilang setelah satu tahun, atau terus bertambah besar.

Pria harus menemui dokter jika hidrokel bertahan selama lebih dari enam bulan, atau cukup besar sehingga menyebabkan rasa sakit, ketidaknyamanan atau kerusakan.

Infeksi testis tidak sama dengan hidrokel, tapi bisa berkaitan. Infeksi testis sangat menyakitkan dan harus diobati karena meningkatkan risiko infertilitas. Selalu mencari perawatan medis jika Anda mengalami pembengkakan skrotum dan demam.

Saatnya menemui dokter Anda jika buah zakar bengkak sebelah atau hidrokel memengaruhi cara Anda berlari, berjalan atau duduk. Kabar baiknya hidrokel tidak memengaruhi kesuburan.