Senin, 10 September 2018 09:17 WITA

Manfaat Daging Domba untuk Kesehatan

Editor: Suriawati
Manfaat Daging Domba untuk Kesehatan
INT

RAKYATKU.COM - Daging domba dianggap sebagai daging merah, karena memiliki kadar mioglobin yang tinggi. Itu adalah protein yang ditemukan dalam jaringan otot hewan tertentu, yang mengubah daging menjadi merah setelah terkena oksigen.

Nutrisi gaging domba
Daging domba merupakan sumber mineral, termasuk besi, seng, kalsium, selenium, kalium, tembaga, dan magnesium, serta berbagai B vitamin.

4 ons daging domba mengandung hampir 28 gram protein, tapi juga memiliki hampir 2/3 dari asupan lemak jenuh Anda setiap hari, jadi tidak disarankan untuk mengonsumsinya dalam jumlah banyak.

Selain lemak jenuh, daging domba juga memiliki beberapa lemak tak jenuh tunggal. 

Manfaat daging domba
Manfaat makan daging domba termasuk mencegah anemia, meningkatkan massa otot, menjaga kesehatan tulang dan mencegah cacat lahir.

1. Mencegah anemia
Jenis daging merah ini dapat membantu mencegah anemia karena mengandung banyak zat besi, yang membantu memasok sel darah merah baru.

2. Menjaga kepadatan tulang
Daging domba merupakan sumber dari banyak mineral, seperti seng, fosfor, dan selenium, yang semuanya diperlukan untuk menjaga kepadatan mineral tulang.

3. Meningkatkan sistem kekebalan
Jika Anda kekurangan seng, maka sistem kekebalan Anda akan menjadi terganggu. Sementara itu, satu porsi daging domba menyediakan sekitar 30% dari kebutuhan seng harian Anda.

4. Mengingkatkan massa otot
Daging ini juga merupakan sumber protein yang sangat padat, sehingga dapat membantu memperbaiki dan meningkatkan massa otot, serta meningkatkan kinerja fisik dan aktivitas metabolik.

5. Mencegah cacat lahir
Domba adalah sumber asam folat. Ini diperlukan untuk mencegah cacat tabung saraf pada anak-anak yang baru lahir.

6. Menjaga kesehatan kulit
Asam lemak omega-3 ditemukan dalam daging ini bisa membantu melindungi kulit dari antioksidan, sehingga mengurangi munculnya keriput.

7. Manfaat lainnya
Domba kaya protein dan vitamin seperti zat besi dan dapat membantu mengurangi rasa sakit saat menstruasi dan menurunkan risiko stroke serta penyakit ginjal. Ini juga membantu dalam mengurangi gejala autisme dan meningkatkan kesehatan sistem saraf.

Efek samping daging domba
Ada beberapa efek samping makan daging domba, terutama jika Anda mengkonsumsinya secara berlebihan, seperti berikut ini:

  • Risiko hipertensi lebih tinggi
  • Kolesterol tinggi
  • Diabetes
  • Masalah kardiovaskular