Minggu, 09 September 2018 23:17 WITA

Makanan Asin Ternyata Bikin Perut Kembung

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Makanan Asin Ternyata Bikin Perut Kembung

RAKYATKU.COM - Selain makanan manis, kita juga cenderung suka mengonsumsi makanan yang terasa asin. Yang menjadi masalah adalah, sering mengonsumsi makanan asin ternyata bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan, khususnya dalam hal membuat perut kembung atau bahkan meningkatkan risiko terkena kenaikan tekanan darah.

Sebenarnya, bagaimana bisa makanan asin mampu memicu masalah perut kembung?

Dilansir Doktersehat dari Men’s Health , sebuah penelitian yang dilakukan di Australia berhasil mengungkap fakta bahwa orang-orang yang hobi mengonsumsi pasta bersama dengan saus asin cenderung mengonsumsi kalori lebih banyak 11 persen dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi garam dengan kadar yang lebih sedikit.

Salah satu peneliti yang terlibat, Russell Keast, PhD, menyebutkan bahwa jumlah kalori yang lebih tinggi ini disebabkan oleh tingginya kandungan garam yang dikonsumsi. Yang menjadi masalah adalah, garam memanipulasi otak dan membuat kita merasa belum kenyang padahal perut sudah berada dalam kondisi penuh. Dengan perut yang kekenyangan, maka kita pun akan lebih mudah mengalami masalah perut kembung atau sensasi begah.

Garam yang tinggi natrium juga bisa memberikan efek lain bagi kesehatan tubuh, yakni meningkatkan tekanan darah dengan signifikan. Padahal, sudah menjadi rahasia umum jika tekanan darah yang tinggi bisa meningkatkan risiko penyakit pada organ kardiovaskular seperti penyakit jantung koroner, stroke, hingga gagal jantung.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk menurunkan asupan garam sekitar 4,6 gram demi menurunkan tekanan darah. Selain itu, akan jauh lebih baik jika kita mulai menurunkan kebiasaan mengonsumsi makanan dan camilan yang asin demi menjaga kesehatan tubuh.