Senin, 10 September 2018 05:00 WITA

Awas, Jangan Campur Avokad dengan Susu Kental

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Awas, Jangan Campur Avokad dengan Susu Kental

RAKYATKU.COM - Salah satu buah yang paling baik bagi kesehatan adalah avokad. Telah banyak penelitian yang membuktikan manfaat dari avokad seperti membantu menjaga kesehatan ibu hamil, menyehatkan jantung, hingga mengatasi depresi. 

Hanya saja, kita seringkali salah dalam mengonsumsi avokad, yakni dengan menambahkan susu kental manis pada avokad, khususnya pada jus avokad.

Avokad bisa dikonsumsi sebagai camilan lezat dan menyehatkan. Sayangnya, jika kita menambahkan susu kental manis yang kandungan gulanya sangat tinggi, maka setelah mengonsumsi avokad ini kadar gula darah bisa naik dengan signifikan.

Jika yang mengonsumsi avokad adalah ibu hamil, maka kadar gula darah dalam tubuhnya akan naik dengan signifikan. Tak hanya membuat risiko terkena diabetes gestasional meningkat, risiko untuk memiliki bayi yang terlalu besar atau terlalu gemuk sehingga menyulitkan proses persalinan normal.

Pakar kesehatan menganjurkan konsumsi avokad setiap hari. Akan jauh lebih baik jika avokad dikonsumsi langsung, tidak dijadikan jus, apalagi diberi tambahan gula atau susu kental manis. Agar bisa semakin sehat, kita juga sebaiknya mengonsumsi makanan yang kaya protein, daging ikan, sayur-mayur, dan susu.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam Phytotherapy Research menyebutkan fakta bahwa tak hanya menurunkan depresi, rajin makan avokad juga mampu menurunkan risiko terkena sindrom metabolik, termasuk dalam hal mencegah peningkatan kadar gula darah, kolesterol, tekanan darah tinggi, dan indeks massa tubuh. 

Dilansir doktersehat, hal ini berarti mengonsumsi avokad secara rutin mampu menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2 dan penyakit kardiovaskular.

Tags