Minggu, 09 September 2018 09:41 WITA

7 Manfaat Mengejutkan Sagu untuk Kesehatan

Editor: Suriawati
7 Manfaat Mengejutkan Sagu untuk Kesehatan
INT

RAKYATKU.COM - Sagu adalah zat tepung yang berasal dari berbagai jenis pohon palem. Ini merupakan makanan pokok di berbagai bagian dunia, bahkan di Indonesia.

Fakta Nutrisi Sagu
Sagu sangat tinggi karbohidrat, mengandung zat besi dalam jumlah sedang serta sedikit potasium, kalsium, dan tembaga. Ada juga vitamin, seperti asam folat dan berbagai vitamin B di dalamnya.

Manfaat sagu untuk kesehatan
Manfaat kesehatan sagu termasuk kemampuannya untuk membantu menambah berat badan, mengontrol tekanan darah, dan memperbaiki sirkulasi darah. Mari kita bahas manfaatnya secara detail!

1. Menambah berat badan
Ada sekitar 350 kalori dalam setiap 100 gram sagu. Jika Anda kekurangan gizi atau baru sembuh dari cedera atau penyakit, sagu bisa menjadi pilihan makanan yang sangat baik untuk menambah berat badan dengan cepat.

2. Menurunkan tekanan darah
Ada sedikit kadar potasium di dalam sagu, yang dapat membantu mengatasi masalah tekanan darah. Potasium berfungsi sebagai vasodilator, yang berarti dapat mengendurkan ketegangan di pembuluh darah dan membukanya. Pada gilirannya, ini dapat mengurangi tekanan darah dan menurunkan ketegangan keseluruhan pada sistem kardiovaskular. 

3. Meningkatkan pencernaan
Dalam hal masalah pencernaan atau peradangan di perut, sagu sering disarankan karena mudah dicerna. Ini juga mengandung  serat yang dapat mempercepat proses pencernaan dan membantu menyeimbangkan kembali lingkungan bakteri di dalam usus.

4. Meningkatkan energi
Kalori adalah sumber energi utama bagi manusia. Karena sagu sangat tinggi kalori, maka itu bisa membantu meningkatkan energi Anda.

5. Meningkatkan kepadatan mineral tulang
Meskipun kandungan mineral di sagu terbatas, tapi ini mengandung tembaga, besi, dan kalsium. Semua itu dapat membantu dalam pembentukan jaringan tulang, yang dapat memperkuat kepadatan mineral tulang, mencegah timbulnya osteoporosis, dan juga mencegah peradangan di seluruh tubuh. 

6. Mengurangi cacat tabung saraf
Dengan tingkat asam folat yang moderat, sagu diyakini dapat mencegah terjadinya cacat tabung saraf pada bayi. Jadi sagu bisa menjadi pilihan makanan terbaik untuk ibu hamil.

7. Meningkatkan fungsi saraf
Sagu mampu menjaga keseimbangan elektrolit di dalam tubuh, sehingga memperbaiki fungsi sistem saraf. Sistem saraf kita membutuhkan elektrolit agar seimbang untuk mengkomunikasikan pesan secara efektif dari otak ke setiap bagian tubuh lainnya, termasuk otot-otot.