Sabtu, 08 September 2018 17:12 WITA

Suka Gigit Kuku, Jempol Wanita ini Harus Diamputasi

Editor: Suriawati
Suka Gigit Kuku, Jempol Wanita ini Harus Diamputasi
Courtney Whithorn

RAKYATKU.COM - Seorang wanita berusia 20 tahun dari Australia yang suka menggigit kuku, harus kehilangan jempolnya, karena kebiasaan buruk itu memicu kanker.

Courtney Whithorn mengatakan bahwa dia mulai menggigit kuku dan jempolnya setelah menghadapi intimidasi di sekolah menengah.

Dia mulai menyadari bahwa ibu jarinya berubah menjadi hitam selama empat tahun terakhir, tapi dia menyembunyikannya dari keluarganya.

Tapi kondisi kukunya yang semakin para memaksa Whithorn untuk mengunjungi dokter. Dia awalnya direkomendasikan untuk mencangkok ibu jarinya untuk menghilangkan titik hitam itu.

Tapi biopsi mengungkapkan suatu bentuk kanker langka di jempolnya. Dokter kemudian mendiagnosis Whithorn dengan acral lentiginous melanoma (ALM), kanker kulit yang berkembang di telapak tangan, telapak kaki, atau di bawah kuku (dikenal sebagai subungual melanoma).

ALM biasanya sulit dikenali karena dapat disalah artikan sebagai noda atau memar, dan bisa terjadi pada kulit yang tampak sehat.

Karena kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening Whithorn, dokter menyarankan agar wanita muda itu menjalani amputasi.

Courtney Whithorn mengatakan pada Daily Mail, bahwa dia sekarang akan berada di bawah pengawasan selama lima tahun untuk melihat apakah kankernya kembali.

Tags