Sabtu, 08 September 2018 15:32 WITA

Waspada, Jangan Mencium Pasangan yang Perokok Aktif

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Waspada, Jangan Mencium Pasangan yang Perokok Aktif
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Meskipun kita tidak merokok, ada baiknya kita juga mempertimbangkan memilih pasangan yang tidak merokok. Sebagaimana kita ketahui, kini tak lagi hanya pria yang suka merokok, ada banyak wanita yang juga kini melakukan aktivitas yang tidak sehat ini.

Yang menjadi masalah adalah, jika pasangan kita merokok, kita juga bisa mengalami peningkatan risiko kesehatan hanya karena sering ikut terpapar asap rokok.

Salah satu aktivitas yang dilakukan pasangan, apalagi yang sudah menikah adalah berciuman. Meski termasuk dalam hal yang wajar untuk dilakukan untuk mengekspresikan rasa sayang, pakar kesehatan menyebutkan bahwa kegiatan ini bisa berbahaya jika dilakukan dengan pasangan yang merupakan perokok aktif, apalagi jika sang perokok mengalami sariawan atau luka pada gusi.

Mencium pasangan yang merupakan perokok aktif bisa membuat kita lebih rentan terkena penyakit berbahaya seperti flu, herpes, hingga hepatitis B. Hal ini disebabkan oleh bagian dalam mulut para perokok seperti lidah, gigi, dan gusi para perokok sudah dipenuhi oleh berbagai racun, bakteri, dan kuman yang disebabkan oleh kebiasaan merokok.

Dilansir laman Doktersehat, jika sampai di dalam mulut para perokok mengalami sariawan atau luka, maka risiko terkena penyakit ini menjadi lebih besar karena di dalam mulutnya terdapat darah yang bisa saja sudah memiliki bibit penyakit.

Bagi para perokok aktif, ada baiknya mereka memang segera menghentikan kebiasaan merokoknya karena bisa membahayakan pasangan atau bahkan anaknya. Sebagaimana kita ketahui, perokok pasif juga memiliki risiko kesehatan yang sama besarnya jika dibandingkan dengan perokok aktif.

Bahkan, jika anak sudah terpapar asap rokok sejak kecil, risiko terkena penyakit mematikan, gangguan pertumbuhan, hingga kematian dini pun meningkat.

Tags