Sabtu, 08 September 2018 14:29 WITA

Antibiotik Membuat Wanita ini Mengalami 'Lidah Berbulu Hitam'

Editor: Suriawati
Antibiotik Membuat Wanita ini Mengalami 'Lidah Berbulu Hitam'
Lidah sehat

RAKYATKU.COM - Lidah berbulu hitam atau black hairy tongue adalah kondisi mulut tidak berbahaya yang menyebabkan lidah berbulu, dan berwarna gelap.

Kondisi langka ini dialami oleh seorang pasien berusia 55 tahun. Dia awalnya mengeluh mual dan rasa tidak enak di mulutnya.

Kasusnya diterbitkan di New England Journal of Medicine, di mana dokter mengatakan bahwa pasien mulai mengalami lidah hitam setelah diresepkan obat infeksi bakteri.Antibiotik Membuat Wanita ini Mengalami 'Lidah Berbulu Hitam'

Pasien tersebut sebelumnya dirawat di rumah sakit setelah mengalami cedera motor yang menyebabkan luka di kedua kakinya. Menurut laporan itu, dia mengalami infeksi bakteri dan diobati dengan meropenem intravena dan minocycline oral.

Dia mulai mengalami mual dan gejala lainnya sekitar satu minggu setelah mulai minum minocycline.

"Lidah berbulu hitam adalah kondisi jinak yang ditandai oleh hipertrofi dan pemanjangan papila filiform pada permukaan lidah, dengan perubahan warna hitam kecoklatan.”

Penulis laporan kasus itu mencatat bahwa kondisi itu dapat disebabkan oleh kebersihan mulut yang buruk, rokok atau penggunaan obat kumur dan antibiotik.

Kondisi ini reversibel, dan dalam kausu ini pasien pulih dalam waktu empat minggu setelah menghentikan minocycline. Namun dokter menyarankannya untuk lebih menjaga kebersihan mulut.