Jumat, 07 September 2018 11:21 WITA

Ini Penyebab Perut Mulas di Pagi Hari

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Ini Penyebab Perut Mulas di Pagi Hari
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Kadangkala saat pagi hari perut kita tiba-tiba saja terasa mulas sehingga kita pun harus beberapa kali pergi ke toilet. Kebanyakan orang langsung menyalahkan makanan yang baru saja dikonsumsi. Padahal, bisa jadi penyebab dari hal ini adalah hal-hal lainnya, termasuk pola tidur kita.

Meski terlihat tidak berkaitan, dalam realitanya pola tidur berpengaruh besar bagi kondisi pencernaan tubuh. Jika kita tidak menerapkan pola tidur yang baik, tidur terlalu larut, kurang tidur, atau bangun terlalu siang sehingga melewatkan waktu sarapan, maka hal ini akan mempengaruhi pola makan dan akhirnya mengganggu sistem pencernaan. Salah satu dari efek tersebut tentu saja adalah munculnya sensasi perut mulas.

Perut mulas juga bisa disebabkan oleh masalah pada pencernaan seperti irritable bowel syndrome atau gastritis. Irritable bowel syndrome atau sindrom iritasi usus membuat makanan cenderung lebih cepat memasuki usus dan tidak benar-benar diolah dengan baik di lambung.

Dilansir laman Doktersehat, hal ini ikut membuat usus tidak nyaman atau memicu perut mulas. Yang menjadi masalah adalah, stres bisa menjadi penyebab utama masalah ini.

Selain sindrom iritasi usus, gastritis juga bisa menjadi penyebab perut mulas. Penyebab dari masalah ini adalah pola makan yang tidak teratur atau kebiasaan mengonsumsi alkohol. Kondisi ini juga bisa menyebabkan kenaikan asam lambung yang tentu memicu rasa nyeri pada dada dan perut.

Agar perut kembali nyaman, pastikan untuk buang air besar terlebih dahulu dan kemudian mengonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks seperti kentang, nasi, dan oatmeal. Selain itu, perbaiki pola makan menjadi lebih sehat demi mencegah datangnya masalah perut mulas di kemudian hari.