Kamis, 06 September 2018 15:35 WITA

Manfaat dan Efek Samping Mengonsumsi Tiram

Editor: Suriawati
Manfaat dan Efek Samping Mengonsumsi Tiram
INT

RAKYATKU.COM - Tiram adalah moluska lezat yang mengandung nutrisi dan mineral unik, dan menawarkan manfaat kesehatan luar biasa bagi kesehatan manusia.

Ada beberapa jenis tiram, beberapa di antaranya menciptakan mutiara. Nah jenis ini tidak bisa dikonsumsi. Tapi tiram jenis lain yang mengandung nama keluarga ilmiah Ostreidae, dinikmati sebagai makanan lezat.

Tiram yang dapat dimakan telah menjadi hidangan lezat setidaknya selama sekitar 700 tahun.

Nilai Nutrisi tiram
Kandungan nutrisi tiram termasuk mineral, protein vitamin, vitamin D, vitamin B12, zat besi, tembaga, mangan, dan selenium. Mereka juga mengandung niacin, riboflavin, thiamin, vitamin C, fosfor, kalium, dan natrium.

Tiram juga merupakan sumber kolesterol baik, antioksidan, asam dan lemak omega-3.

Unsur-unsur ini menjadikannya makanan yang sangat sehat yang dapat meningkatkan fungsi dan kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

Manfaat tiram untuk kesehatan
Tiram dapat membantu menurunkan berat badan, meningkatkan aktivitas metabolik, menurunkan kadar kolesterol, mengurangi tekanan darah, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, dan membantu penyembuhan luka dengan cepat.

Selain itu, tiram adalah afrodisiak yang kuat, yang dapat meningkatkan sirkulasi darah, dan juga meningkatkan kekuatan tulang, sehingga mengurangi osteoporosis.

Efek samping
Karena tiram menyerap banyak nutrisi dari daerah di mana mereka tumbuh, ada kemungkinan beberapa tiram mengandung polutan dan racun, jadi pastikan Anda makan tiram yang dibeli dari sumber yang terpercaya.

Selanjutnya, karena kandungan mineralnya sangat tinggi, ini mungkin bisa membuat seseorang mengalami overdosis mineral, khususnya seng, tembaga, selenium, vitamin B12, dan vitamin D. 
Hal ini menyebabkan hemochromatosis, yang merupakan kondisi yang sangat berbahaya.

Selain itu, kandungan natrium yang tinggi dapat berbahaya bagi orang yang berisiko tinggi terkena penyakit jantung atau tekanan darah tinggi.

Jadi pastikan Anda mengonsumsi tiram secukupnya saja.