Kamis, 06 September 2018 12:34 WITA

Manfaat Mengonsumsi Minyak Ikan Selama Hamil

Editor: Suriawati
Manfaat Mengonsumsi Minyak Ikan Selama Hamil
Shutterstock

RAKYATKU.COM - Mengonsumsi suplemen minyak ikan selama kehamilan dapat membantu pertumbuhan anak hingga usia enam tahun.

Menurut penelitian dari Copenhagen University, minum minyak ikan selama tahap akhir kehamilan, membuat anak memiliki indeks massa tubuh (BMI) lebih tinggi, dibandingkan dengan anak-anak yang ibunya tidak minum suplemen.

"Suplementasi minyak ikan dari minggu ke-24 kehamilan menyebabkan BMI yang lebih tinggi pada keturunan. dari usia 0 hingga enam tahun, tapi tidak meningkatkan risiko obesitas," kata penulis studi, Dr Hans Bisgaard.

"Diet selama kehamilan dan masa bayi merupakan faktor penting bagi perkembangan dan kesehatan anak."

Lebih lanjut, Dr Bisgaard menjelaskan bahwa minyak ikan mengandung asam lemak tak jenuh ganda rantai panjang n-3 (LCPUFA). Ini sangat penting untuk perkembangan anak, baik di dalam rahim dan selama beberapa bulan pertama kehidupannya.

Penelitian ini melibatkan 736 wanita hamil yang mengonsumsi minyak ikan setiap hari, dari usia kehamilan 24 minggu, sampai satu minggu setelah kelahiran.

Selanjutnya, peneliti melakukan pengukuran tinggi badan, berat badan, kepala dan pinggang anak, selama 11 kali sejak mereka lahir hingga usia enam tahun.

Temuan itu dipublikasikan dalam British Medical Journal (BMJ).