Kamis, 06 September 2018 08:58 WITA

Tidak Hanya Lezat, Ini 7 Manfaat Daging Kepiting untuk Kesehatan

Editor: Suriawati
Tidak Hanya Lezat, Ini 7 Manfaat Daging Kepiting untuk Kesehatan
INT

RAKYATKU.COM - Kepiting adalah makanan laut yang populer. Tidak hanya lezat, ini juga mengandung lemak esensial, nutrisi dan mineral yang memberikan manfaat untuk kesehatan.

Ahli gizi menyarankan orang untuk mengkonsumsi daging kepiting dua atau tiga kali seminggu.

Nilai gizi daging kepiting
100 g daging kepiting mengandung 59 mg kalsium, 0,8 mg zat besi, 1,5 g lemak, 19 g protein, 29 IU vitamin A, 7,6 mg vitamin C dan 9,78 mg vitamin B12.

Ini juga mengandung nutrisi lain seperti tembaga, asam lemak omega 3, fosfor, selenium, vitamin B12, dan seng.

Manfaat daging kepiting untuk kesehatan
1. Membantu penurunan berat badan
Daging kepiting sangat rendah kalori dan hanya mengandung sekitar 1,5 g lemak untuk 100 g. Dan sisa kalori berasal dari protein. Ini menjadikannya pilihan makanan laut yang sempurna bagi mereka yang kelebihan berat badan, obesitas atau yang mencoba untuk tetap sehat.

2. Meningkatkan penglihatan
Kepiting adalah sumber vitamin A, yang dikenal dapat meningkatkan penglihatan. Vitamin A mengandung senyawa organik seperti retinol, retina, asam retinoat, dan beta-karoten yang berkontribusi terhadap kesehatan mata dan mencegah degenerasi makula dan katarak.

3. Mencegah kerusakan sel
Selenium adalah mineral penting yang banyak ditemukan dalam daging kepiting. Ini membantu mencegah radikal bebas. Selenium juga bekerja dengan melindungi kelenjar tiroid terhadap kerusakan oksidatif.

4. Melindungi jantung
Daging kepiting merupakan sumber asam lemak omega 3, selenium, dan tembaga yang membantu menurunkan kolesterol jahat. Kolesterol jahat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Jika sistem kekebalan tubuh Anda lemah, itu akan memungkinkan patogen berkembang dan menyebabkan penyakit.

Jadi, untuk memperkuat sistem kekebalan Anda, Anda bisa mengonsumsi kepiting. Selenium di dalamnya bisa merangsang aktivitas sistem kekebalan tubuh.

6. Meningkatkan konsentrasi
Daging kepiting diperkaya dengan protein, seng dan asam lemak omega 3 yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan kognisi dan konsentrasi.

7. Menjaga kesehatan kulit, mata dan sistem saraf
Kepiting mengandung riboflavin, yang juga dikenal sebagai vitamin B2. Ini diperlukan untuk menghasilkan molekul lemak (steroid), sel darah merah dan untuk menjaga kesehatan kulit, mata dan sistem saraf.