Rabu, 05 September 2018 14:52 WITA

7 Manfaat Teh Matcha Yang Perlu Anda Tahu!

Editor: Suriawati
7 Manfaat Teh Matcha Yang Perlu Anda Tahu!
Matcha

RAKYATKU.COM - The Matcha atau maccha adalah bubuk teh hijau yang berasal dari tanaman camellia sinensis. Ini disiapkan dari daun naungan berkualitas tinggi, untuk menghindari sinar matahari langsung.

Ini adalah teh hijau organik alami yang telah dikonsumsi di Jepang selama lebih dari 900 tahun. Para biksu Buddha menyebut teh matcha sebagai 'ramuan kesehatan' karena bisa meningkatkan konsentrasi dan metabolisme.

Matcha kaya akan vitamin A , C, E, K, dan vitamin B -complex. Ini juga mengandung mineral termasuk selenium, kromium, seng, dan magnesium, serta kaya akan antioksidan super termasuk polifenol, katekin, dan klorofil.

Berikut beberapa manfaat teh matcha untuk kesehatan:

1. Memberikan relaksasi
L-theanine, asam amino unik yang ada dalam teh hijau ini, memiliki sifat anti-anxiolytic, yang membantu meningkatkan gelombang alfa di otak.

Gelombang alfa ini meningkatkan suasana hati, mendorong relaksasi, dan membantu mencapai keadaan pikiran yang waspada. 

2. Mencegah kanker
Teh matcha memiliki antioksidan seperti katekin - EGCG (epigallocatechin gallate), yang mendetoksifikasi tubuh. Antioksidan ini menangkal radikal bebas dan menetralisir efek berbahayanya. Dengan demikian, itu bisa melindungi tubuh dari gangguan kesehatan, seperti kanker.

3. Detoksifikasi
Teh matcha mengandung klorofil yang sangat efektif dalam membersihkan darah. Itu juga membantu mempertahankan alkalinitas darah dan jaringan.

4. Meningkatkan energi
Matcha mengandung kafein sehat yang dikenal sebagai teofilin. Ini membantu mempertahankan tingkat energi tanpa efek samping. Ini juga mempertahankan kadar hormon yang optimal. 

5. Mencegah gangguan mata
Konsumsi matcha menyebabkan penyerapan katekin di jaringan mata, yang membantu mencegah kebutaan yang disebabkan oleh katarak. Itu juga meningkatkan penglihatan dan mencegah gangguan mata seperti glaukoma. 

6. Menurunkan berat badan
Katekin dalam matcha juga bisa membantu menghilangkan lemak tubuh. Ini juga meningkatkan metabolisme, yang mempercepat program penurunan berat badan.

7. Melindungi dari infeksi
Teh matcha yang kaya EGCG membantu melawan berbagai infeksi bakteri, virus, dan jamur. Menurut sebuah penelitian, EGCG mengikat membran lipid dan menghambat pertumbuhan berbagai patogen, termasuk virus influenza A, hepatitis B, dan virus herpes.