Selasa, 04 September 2018 18:05 WITA

Manfaat Mengejutkan Serat Pangan untuk Kesehatan

Editor: Suriawati
Manfaat Mengejutkan Serat Pangan untuk Kesehatan
INT

RAKYATKU.COM - Serat pangan adalah bagian dari tanaman yang tidak dapat dicerna atau diserap oleh tubuh. Ini adalah bentuk karbohidrat yang tidak dapat dipecah menjadi nutrisi yang lebih kecil.

Menurut Harvard School of Public Health, itu adalah salah satu bahan makanan untuk manusia yang paling bergizi.

Serat hanya ditemukan pada makanan nabati seperti buah-buahan, polong-polongan, sayuran berdaun, dan oatmeal. 

Serat biasanya diklasifikasikan menjadi dua kategori, yaitu serat tidak larut dan serat larut.

Serat tidak larut berasal dari sel tumbuhan yang tidak larut dalam air dan dapat digunakan sebagai pencahar. Jenis serat ini ditemukan dalam biji dan kulit buah serta roti gandum utuh dan beras merah.

Sementara serat larut berupa karbohidrat yang larut dalam air dan membantu mengontrol kadar kolesterol dan gula darah dalam tubuh. Makanan kaya serat jenis ini termasuk oatmeal, kacang, dan apel.

Manfaat utama serat pangan untuk kesehatan, adalah meningkatkan kesehatan pencernaan, dan membantu memelihara lapisan usus besar.

Namun ini juga memiliki manfaat lain, seperti menurunkan kolesterol, mengatasi sembelit dan wasir, mengontrol gula darah, dan mencegah obesitas. Serat juga bisa mencegah kanker, dan memiliki efek menguntungkan bagi kulit.

Rekomendasi asupan harian
Menurut Pedoman Diet AS edisi 2015-2020, jumlah serat tergantung pada usia dan total asupan kalori harian seseorang. Pria membutuhkan 28 hingga 34 gram serat per hari dan wanita membutuhkan 22 hingga 28 gram serat per hari jika mereka berusia antara 18 dan 50 tahun. Pedoman umum lainnya yang adalah 14 gram serat untuk setiap 1.000 kalori dalam diet Anda.